TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 15 Juni 2011

2050, Jakarta Seperti New York?


 
FIQIH news - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo berambisi menjadikan kota Jakarta sebagai kota metropolitan kelas dunia dari Asia pada abad 21. Setelah pada abad 19, Paris menjadi kota metropolitan kelas dunia di abad 19, dan New York pada abad 20, maka banyak pihak yang percaya Jakarta merupakan ibukota selanjutnya yang berada di posisi tersebut.

Untuk mewujudkannya, kemudian dibentuk Proyek Inisiatif Jakarta 21 (The Jakarta 21 Initiative). Tujuan Proyek Inisiatif Jakarta 21 yaitu memberikan saran strategis pada prioritas pembangunan untuk ibu kota Indonesia.

Deputy Chief of Mission of The Federal Republic of Germany, Jeidrun Tempel, mengatakan untuk melakukan hal ini, Jakarta harus mengacu kepada kota-kota kelas dunia seperti Paris dan New York, berlabel ibukota abad 19 dan 20, terutama mengacu pada kota-kota di Asia. Dasar ini memberikan latar belakang untuk melakukan analisa perencanaan strategis, dan membentuk dasar pengusulan arah yang paling cocok untuk pengembangan masa depan Jakarta. Sasaran proyek ini yaitu menuju kelas dunia yang berkelanjutan, dan kota metropolitan yang berorientasi transit.

"Jakarta memiliki potensi menjadi seimbang dengan kota-kota metropolis lainnya di dunia pada tahun 2050. Ini bukan hanya visi, melainkan pandangan yang menjanjikan jika langkah-langkah yang diusulkan oleh Jakarta 21 diwujudkan,” ujar Heidrun dalam acara Simposium Jakarta 21 di Jakarta, Rabu, 15 Juni 2011.

Selama dua tahun setelah tanggal kesepakatan dimulainya proyek tersebut, Indonesia dan ahli tata kota, arsitek, ahli ekonomi dari Jerman, bertemu untuk membicarakan perkembangan final proyek tersebut. Rekomendasi dan temuan yang ditemukan antara lain, sekitar 1,5 persen Produk Domestik Bruto Nasional harus dikeluarkan setiap tahunnya untuk mengembangkan Jakarta ke kota metropolitan kelas dunia berorientasi transit.
Memang, angka tersebut tidak hanya digunakan untuk pembangunan Jakarta saja, tetapi lebih dari sepertiga atau sekitar 38 persen digunakan pengembangan infrastruktur transportasi untuk daerah pedalaman Jakarta dan Jawa, termasuk pelabuhan, bandara, rel dan jalan.

Sementara itu, menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DKI Jakarta, Sarwo Handayani, Jakarta menyambut baik saran dari Inisiatif Jakarta 21 dan dukungan yang diberikan.

"Kami akan mempertimbangkan hasil kontribusi ini untuk perencanaan pembangunan jangka panjang dan strategis kota serta pelaksanaan rencana pembangunan berorientasi transit," ujarnya.

0 comments:

Kaskus Only
:ilovekaskus :iloveindonesia :kiss :maho
:najis :nosara :marah :berduka
:malu: :ngakak :repost: :repost2:
:sup2: :cendolbig :batabig :recsel
:takut :ngacir2: :shakehand2: :bingung
:cekpm :cd :hammer :peluk
:toast :hoax: :cystg :dp
:selamat :thumbup :2thumbup :angel
:matabelo :mewek: :request :babyboy:
:babyboy1: :babymaho :babyboy2: :babygirl
:sorry :kr: :travel :nohope
:kimpoi :ngacir: :ultah :salahkamar
:rate5 :cool :bola

by Pakto
:mewek2: :rate-5 :supermaho :4L4Y
:hoax2: :nyimak :hotrit :sungkem
:cektkp :hope :Pertamax :thxmomod
:laper :siul :2malu: :ngintip
:hny :cendolnya

by misterdarvus
:maintenis: :maintenis2: :soccer :devil
:kr2: :sunny

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cpx24.com CPM Program