TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 20 April 2011

BI: Pengendalikan subsidi BBM dorong inflasi 0,8%

Published On: 17 April 2011

BANDUNG: Bank Indonesia memperkirakan kebijakan pengendalian subsidi bahan bakar minyak oleh pemerintah pada tahun ini akan menambah tekanan inflasi sekitar 0,8% hingga 1,6% dari asumsi 5 plus/minus 1%.


Juda Agung, Ekonom Kepala Biro Riset Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, menuturkan laju inflasi sepanjang kuartal I/2011 sebesar 6,6% dari asumsi bank sentral 4%-6%.

Inflasi kuartal I tersebut terdiri atas inflasi inti sebesar 4,45%, inflasi harga bergejolak  15,17%, dan inflasi atas harga-harga yang diatur pemerintah 5,48%. Hal itu belum memperhitungkan risiko kenaikan harga minyak dan pangan dunia yang akan sangat tergantung respon dari pemerintah.

“Kalau pembatasan BBM bersubsidi di Jawa dan Bali yang dilakukan, dampaknya tergantung harga pertamax. Kira-kira sumbangannya ke inflasi kurang lebih 0,8%. Kalau kebijakan konvensional yang dilakukan, menaikan harga BBM bersubsidi, premium dan solar, tergantung kenaikannya. Kalau naik Rp500 sumbangannya terhadap inflasi 1,2%-1,6%,” ujarnya pada acara Media Briefing bertemakan ‘Menakar Ketahanan Ekonomi Indonesia Terhadap Kenaikan Harga Minyak dan Inflasi’, kemarin.

Menurut dia, transmisi dari dampak dua kebijakan  tersebut bersifat langsung maupun tak langsung. Untuk kenaikan harga BBM bersubsidi biasanya akan langsung diikuti dengan kenaikan tarif angkutan umum yang dilanjutkan pada kenaikan harga barang lain (second round effect).

“Dampak tidak langsungnya melalui ekspektasi inflsi, yang biasanya telah direspons oleh pelaku pasar saat kebijakan baru diumumkan,” tuturnya.

Tantangan stabilitas makro lainnya, lanjut Juda, derasnya arus modal masuk ke Tanah Air. Guna memitigasi dampaknya, otoritas moneter telah melakukan sejumlah kebijakan. Yakni, mempertahankan suku bunga acuan BI di level 6,75%, member ruang penguatan Rupiah guna meredam imported inflation, dan melakukan kebijakan makroprudensial untuk mendukung kebijakan suku bunga dan mengendalikan arus modal masuk.

IHSG dibuka bergairah pagi ini dipimpin Astra

Published On: 20 April 2011
JAKARTA: Indeks harga saham gabungan sesi I pagi ini dibuka menguat 0,28 poin ke posisi 3.732,93 dari level penutupan kemarin di 3.732,65.

Indeks harga saham gabungan bergerak pada rentang 3.732,93 - 3.747,69.

Dari 423 saham perusahaan yang menopang indeks, sebanyak 12 di antaranya menguat, tiga lainnya tertekan dan 408 sisanya tidak bergerak.

Sejumlah saham yang memotori penguatan indeks pagi ini dengan mengontribusi positif adalah Astra International sebesar 2,39 poin, lalu Bank Rakyat Indonesia 1,44 poin, Bank Mandiri 1,37 poin, dan Unilever Indonesia 1,35 poin.

Saham-saham yang menahan laju kenaikan indeks dengan menyumbang kontribusi negatif adalah Bank Central Asia sebesar 1,44 poin, Bank BJB 0,34 poin, dan Indo Tambangraya 0,13 poin.

Seluruh dari sembilan indeks sektoral yang ada di BEI memberikan kontribusi positif dipimpin oleh sektor aneka industri sebesar 28,94%, lalu keuangan 19,05%, consumer goods 16,69%, infrastruktur dan utilisasi 15,77%, pertambangan 8,90%, industri kimia dasar 7,69%, jasa dan perdagangan 1,42%, pertanian 0,63%, serta konstruksi dan properti 0,18%.

Indeks BISNIS-27 juga dibuka naik 0,05 poin dari level penutupan kemarin di 326,17 ke 326,22. BISNIS-27 bergerak di kisaran 326,22 - 328,25.

Aktiva dan ekuitas Telkom berpotensi turun

Published On: 19 April 2011
JAKARTA: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk berpotensi mengalami penurunan aktiva dan ekuitas masing-masing sebesar Rp3,08 triliun atas rencana pembelian kembali (buy back) hingga 416,67 juta lembar atau 2,07% saham seri B yang telah diterbitkan perseroan.
Berdasarkan analisis perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia itu diketahui perseroan telah menyiapkan dana sebesar Rp3 triliun dari dana kas internal perseroan dan aksi korporasi itu berpotensi menurunkan aktiva dan ekuitas perseroan.
Namun, penurunan tersebut dapat dikompensasikan dengan potensi keuntungan dari peningkatan harga saham BUMN telekomunikasi itu di masa yang akan datang. Perseroan juga telah menyiapkan secara matang rencana itu dan meyakini bahwa tidak berpengaruh pada kondisi keuangan perseroan.
“Perseroan yakin pelaksanaan buy back tidak akan memengaruhi kondisi keuangan karena memiliki modal kerja dan arus kas yang cukup untuk melaksanakan hal tersebut,” demikian prospektus perushaaan itu yang diterbitkan, hari ini.
Dana yang disiapkan tersebut merupakan saldo laba ditahan perseroan dan jumlah tersebut sudah di memperhitungkan biaya transaksi, biaya pedagang perantara, dan biaya lainnya. Rencana pembelian saham tahap IV itu akan diminta persetujuannya kepada pemilik saham pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar pada 19 Mei 2011.
Adapun pelaksanaan aksi korporasi itu akan dilakukan secara bertahap paling lambat 18 bulan sejak disetujui dalam RUPS. Masa pembelian saham kembali itu akan dilakukan terhitung pada 20 Mei 2011 atau sehari setelah mendapat persetujuan RUPS.
Perseroan juga telah menunjuk PT Bahana Securities untuk menjalankan aksi korporasinya. Buy back saham perseroan ini dilakukan untuk meningkatkan manajemen permodalan yang diharapkan dapat meningkatkan nilai laba bersih per saham (earning per share) dan rasio laba terhadap ekuitas (return on equity/ROE) secara berkelanjutan.
Berdasarkan analisa keuangan perseroan disebutkan jumlah saham yang beredar akan menjadi 19,26 miliar lembar dari 19,67 miliar. Total aktiva perseroan setelah buy back akan menjadi Rp96,67 triliun atau turun 3,09% dari Rp99,76 triliun, total ekuitas menjadi Rp41,33 triliun atau turun 6,95% dari Rp44,42 triliun, dan laba bersih akan menjadi Rp11,45 triliun atau turun 0,78% dari Rp11,54 triliun.
Sementara itu, laba bersih per saham perusahaan telekomunikasi itu akan menjadi Rp588,87 dari Rp586,56 dan ROE menjadi 27,71% dari 25,97%.
“Data tersebut memakai data keuangan per 31 Desember 2010. Analisa itu dengan asumsi buy back dilakukan pada 2011 dengan tingkat suku bunga simpanan sebesar 6,5% dan tax rate sebesar 20%,” tutupnya.
Pada perdagangan siang ini saham emiten berkode TLKM berada pada level Rp7.450 atau naik 1,36% dari penutupan perdagangan kemarin dan menjadikannya Rp150,19 triliun.

Hadapi CAFTA, Pengusaha Jabar Tingkatkan Kualitas

Ilustrasi. Foto: Koran SI 
Rabu, 20 April 2011 09:38 wib
DEPOK - Para pengusaha Jawa Barat (Jabar) mengaku optimis menghadapi persaingan dalam perdagangan bebas ASEAN-Tiongkok atau yang biasa disebut CAFTA (China ASEAN Free Trade Area).

Para pengusaha di Jawa Barat tersebut menjalaninya sebagai tantangan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri.

Hal itu dikatakan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat Agung S Sutisno yang mengatakan delapan puluh persen pengusaha di Jawa Barat bergerak di bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Saat ini, kata dia, perkembangan UKM di Jawa Barat memiliki prospek yang makin baik.

“CAFTA kami anggap sebagai tantangan, bukan keluhan. Adanya agreement ini supaya bisa kembangkan produk menjadi lebih bagus,” katanya kepada wartawan di Depok, Jawa Barat, Rabu (20/4/2011).

Agung menambahkan, kendala yang masih dihadapi oleh para pengusaha adalah masalah permodalan. Selain itu masih banyak pula kualitas produk yang masih di bawah standar produk asing.

“Kendala sedikit wajar, misalnya modal dan kualitas produk yang masih harus ditingkatkan, jatuh (collaps) sih nggak, namun ada volume produksi yang berkurang, sekarang bagaimana dari kami tingkatkan gali potensi untuk bersaing dengan produk asing,” jelasnya.

Solusinya, menurut Agung, pemerintah harus terus fokus dengan mengucurkan kredit dengan bunga yang rendah. Selain itu, beban pajak bagi pengusaha juga harus terus ditekan.

“Pemerintah harus ikut serta, kalau modal bunganya disini 11 sampai 14 persen, di China empat persen, khususnya msalah beban produk, beban cost yang dibebankan pada pengusaha perlu dihilangkan, pajak juga, sering kasih insentif,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Kadin Depok Muhammad Roni meminta pemerintah untuk fokus dalam mengembangkan UKM hingga membentuk rantai nilai produksi. Hal itu akan meningkatkan jumlah produksi serta kualitas produk.

“Misalnya Pemkot Depok ingin kembangkan belimbing menjadi ikon Depok, itu harus fokus ada sentranya, ada koperasi, ada pabrik, ada distributor, jadi membentuk rantai, dan petani tidak kesulitan mencari pasar,” jelas Roni.

Rupiah hari ini cenderung menguat

Published On: 20 April 2011

JAKARTA: Rupiah hari ini berpotensi bergerak konsolidasi dengan kecenderungan menguat setelah berkurangnya tekanan dollar AS seiring maraknya dana asing ke bursa saham domestik dan obligasi negara.

Nurul Eti Nurbaeti, Head of Research Treasury Divison Bank BNI, memaparkan minat investor asing atas investasi domestik diprediksi tidak berubah di tengah kuatnya fundamental ekonomi Indonesia. Penguatan rupiah tidak bertentangan dengan kebijakan
moneter Bank Indonesia hingga pergerakannya dilepas sesuai dinamika pasar.

"Jadi hari ini rupiah berpotensi menguat," ujarnya dalam surat elektronika yang diterima bisnis.com pagi ini.

Rupiah kemarin ditutup flat pada level Rp8.679 dibandingkan posisi pembukaan di level Rp8.680 setelah bergerak di kisaran Rp8.674 hingga Rp8.686. Nurul memaparkan oversubscribed-nya lelang SUN yang berhasil meraup dana Rp6,6 triliun menahan pelemahan rupiah. Namun depresiasi membayangi rupiah menyusul koreksi IHSG tekanan dari penguatan dolar AS.

Yen Jepang kemarin ditutup melemah pada level 82,58 yen dibandingkan posisi pembukaan di level 82,46 yen setelah bergerak di kisaran 82,30 yen hingga 82,76 yen. Kembalinya
selera pelaku pasar menyusul rebound euro menjadi underlying pelemahan yen di tengah solidnya data Housing Start US.

Hari ini yen diprediksi bergerak rangebound dengan kecenderungan melemah. Dampak bencana terekam dalam turunnya kinerja ekspor dengan kenaikan impor mendorong tergerusnya surplus neraca perdagangan JP hingga potensi menekan pergerakan yen di pasar Asia. Gelombang yen carry trade diprediksi menghambat penguatan yen di tengah surutnya demand atas safe haven currency seperti yen pasca meredupnya kekhawatiran atas rating US. Gelombang risk appetite bursa New York memicu yen carry trade

Sementara euro ditutup menguat ke level US$1,4335 posisi pembukaan di level US$1,4222 setelah bergerak di kisaran US$1,4202 hingga US$1,4352. Seperti halnya sterling menguat ke level US$1.6316 dibandingkan posisi pembukaan dilevel US$1,6266 per dolar AS setelah bergerak di kisaran US$1,6229 hingga US$1,6335 per dolar AS.

Euro berhasil terdongkrak berkat lonjakan kenaikan European Zone composite output index, meski sovereign debt concerns EZ masih berlanjut membebani benak investor. Di sisi lain, sterling terapresiasi merespon peningkatan global risk sentiment serta kebijakan pelonggaran AS yang belum berubah.

Hari ini euro dan sterling diperkirakan bergerak dengan kecenderungan menguat. Fokus pelaku pasar kembali dipenuhi oleh persoalan seputar krisis utang European Zone serta ketidakpastian yang bisa mendorong munculnya aksi hindar risiko hingga turut membebani euro. Selain itu, masalah utang negara-negara anggota European Zone yang kembali menghantui mata uang tunggal Eropa hingga rentan terhadap ancaman depresiasi.

Kendati begitu, spekulasi tingkat bunga ECB di tengah harapan membaiknya sentimen
yang mewarnai global market mensinyalkan tenaga bagi mata uang tunggal European Zone untuk bertahan. Sementara itu, indikasi belum berubahnya kebijakan suku bunga BOE seperti bulan sebelumnya menyusul pemulihan ekonomi Inggris yang masih rapuh, hingga berpeluang membatasi pergerakan cable.

Langkah sterling pun semakin berat terimbas strategi pemerintah Inggris yang mengurangi defisit anggaran di tengah fokus pasar pada kondisi fiskal yang tidak pasti, baik di Eropa maupun Amerika. Namun demikian, secercah harapan potensi mensupport sterling, manakala optimisme pelaku pasar kembali bangkit atas membaiknya perekonomian global, dimana riskier assets merajai market.

Selasa, 19 April 2011

Pantai Plengkung, "Surga" Peselancar

Wisatawan asing menikmati permainan selancar di gulungan ombak Pantai Plengkung yang masuk kawasan konservasi Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.


Pasangan peselancar Jeremy (35)-Mine (33) sudah mencantumkan jadwal kunjungannya ke Pantai Plengkung, Banyuwangi, Jawa Timur. Selama sepekan, dalam bulan Maret depan, suami-istri asal Queensland, Australia, itu mengincar sensasi Plengkung setelah menjelajahi Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran Sitobondo, Jawa Timur.
Jika turis luar negeri saja tertarik, bagaimana dengan Anda? Jangan mengaku peselancar sejati jika belum pernah menjajal nyali berselancar di pantai yang menghadap Samudra Hindia ini.
Pantai Plengkung tak sekadar elok dipandang mata. Pantai yang juga lazim disebut ”G-land” ini juga menjadi tempat favorit peselancar di dunia. Ombak setinggi 4-5 meter yang datang bersusulan membuat atraksi berselancar (surfing) menjadi lebih menantang. Kepungan hutan juga membuat tempat ini dijuluki ”surga kesunyian”.
Pantas saja Jeremy-Mine tak jemu-jemunya untuk menyambangi tempat ini. Asal tahu saja, kedua turis ini sebetulnya sudah pernah menggunjungi G-land empat tahun silam. Selama ini rupanya mereka memelihara rasa penasaran. Pertengahan Maret memang menjadi salah satu waktu paling tepat untuk melampiaskan hasrat mereka untuk kembali ”bercanda” dengan gulungan ombak Plengkung.
Ombak pantai selatan akan meninggi mulai Maret hingga Oktober. Biasanya mencapai puncak pada bulan purnama yang jatuh di pertengahan bulan.
”Kami ingin merasakan lagi sensasi gulungan ombak bersusulan yang terkenal di G-land. Ombak yang Anda dapatkan bisa sangat tinggi dan itu memanjang hampir setengah kilometer,” kata Mine yang pada Sabtu (19/2) mendaki Gunung Ijen bersama Jeremy, suaminya.
Jeremy juga menyukai sensasi menjelajah hutan dan mengamati perilaku satwa. Empat tahun lalu ia tidak bisa menyaksikan kawanan banteng (Bos javanicus javanicus) yang ada di area pantai Sadengan, Alas Purwo. Kali ini, ia berniat mengulangi lagi kegiatannya, dan berharap hasrat terpendamnya terpenuhi.
Minat khusus
Sudah lama Pantai Plengkung yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) menjadi tujuan para wisatawan berminat khusus. Pantai ini apabila dilihat dari citra satelit bentuknya melengkung membentuk huruf G terbalik. Posisi itulah yang membuat ombak setinggi 4-5 meter bisa terbentuk. Para peselancar bisa merasakan sensasi dorongan ombak yang panjang dan susul-menyusul. Dasar pantai G-land, menurut Suharto, Kepala Resor Rawabendo, TNAP, berbentuk landai. Palung hanya ditemukan di sisi barat, yang pernah menjadi lokasi pendaratan kapal. Posisi ini membuat G-land nyaman sebagai tempat surfing. Namun, di balik keelokannya tentu perlu kehati-hatian tersendiri. Pasalnya, karang yang berada di dalam laut bisa melukai peselancar di dalam air.
Setiap tahun tidak kurang dari 400-600 wisatawan asing yang datang untuk berselancar di pantai berpasir putih ini. Di tempat ini mereka bisa menginap selama sepekan, bahkan berbulan-bulan di resor-resor dalam hutan.
Menembus hutan
Pantai Plengkung bisa dicapai lewat jalan darat dari Kota Banyuwangi, atau jalan laut dari Pulau Bali. Perjalanan darat membutuhkan waktu 2-3 jam dari Kota Banyuwangi untuk sampai di gerbang pertama TNAP yang berada di Kecamatan Tegaldlimo.
Sepanjang perjalanan dari gerbang pertama ke pos Rawabendo di wilayah TNAP, di kanan-kiri jalan hanya tampak rerimbunan hutan jati. Akan tetapi, begitu sampai di pos selanjutnya, yakni Pancur, vegetasi hutan hujan tropis pun mulai memberi warna perjalanan ke Pantai Plengkung. Di sini berjejer tumbuhan endemik Alas Purwo. Sebutlah, misalnya, sawo kecik (Manilkara kauki) dan bambu manggong (Gigantochloa manggong).
Di sepanjang perjalanan juga bisa ditemukan tumbuhan seperti nyamplung (Calophyllum inophyllum), keben (Barringtonia asiatica), ketapang (Terminalia cattapa), kepuh (Sterculia foetida), dan berbagai jenis bambu.
Untuk melintas hutan tersebut, pengunjung harus memakai mobil bergardan ganda (double gardan) atau four-wheel drive (4wd) milik TNAP. Mobil tersebut siap mengangkut wisatawan melewati jalur yang belum beraspal, berlumpur dan berbatu dari pos Pancur menuju pintu masuk Pantai Plengkung. Biayanya mencapai Rp 130.000 per mobil, pergi-pulang.
Suasana hutan yang dihiasi dengan kicauan burung dan keanekaragaman tanaman lebih terasa jika Anda duduk di bak mobil jagawana tersebut. Di tempat itu, sudut pandang Anda bisa lebih luas. Jika beruntung Anda akan menemukan babi hutan yang mencari makan di tepi jalan, atau biawak sebesar komodo yang sedang berjemur di dekat sungai. Akan tetapi, Anda harus tahan guncangan akibat jalan tak rata sepanjang 15 kilometer.
Sampai di gerbang Pantai Plengkung, perjalanan pun disambung dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 200 meter menuju pantai. Di titik pemberhentian itu pula pengunjung disambut dengan papan kayu penunjuk lokasi resor, seperti Bobby’s camp atau Joyo’s camp.
Jika perjalanan di darat membutuhkan waktu 4-5 jam, perjalanan lewat laut bisa ditempuh lebih singkat. Dari Kuta di Bali hanya perlu waktu dua jam. Tarif yang ditawarkan mencapai 125 dollar Amerika Serikat (AS) per orang.
Di kawasan Pantai Plengkung, wisatawan biasanya menginap selama sepekan. Mereka bisa menginap di resor bertarif dollar atau wisma milik TNAP yang letaknya agak jauh dari Plengkung, tetapi bertarif rupiah.
Resor-resor di Plengkung semuanya memanfaatkan kesunyian hutan. Hanief, Direktur Bobby’s Camp di G-land, mengatakan bahwa resornya mengoperasikan generator listrik minim suara. Generator itu mampu menerangi resor dan menghidupkan penyejuk udara (AC,) TV kabel, dan air panas. Setiap hari mereka juga memproduksi roti sendiri dan mengolah makanan lokal, seperti ubi rebus dan talas, untuk memenuhi akomodasi dan makanan para peselancar.
Dengan rata-rata 100 dollar AS setiap hari, selama minimal tiga hari, wisatawan bisa menikmati senyapnya hutan, gulungan ombak, lengkap dengan akomodasi hotel berbintang.
Namun, jika ingin lebih irit, Wisma TNAP yang berada di Rawabendo bisa jadi pilihan. Tarif kamarnya hanya Rp 100.000. Warung di area kompleks wisma bisa menjadi pilihan tempat makan, selain pesan makanan dari wisma.
Di tempat inilah Anda bisa mengenyam sensasi lain, yakni, kicauan burung, perilaku hewan, dan gemerisik gesekan dedaunan.

Ke Pulau Kelor Lihat Benteng Martello

Menara Martello di sisa-sisa reruntuhan benteng yang terdapat di Pulau Kelor, Kepulauan Seribu, Jakarta

Pagi hari di Muara Kamal, Jakarta, sampan-sampan tradisional merapat berjejeran dengan rapi. Mereka bersiap membawa rombongan peserta wisata sejarah "Historical Island Adventure (HIS)" yang diadakan oleh Komunitas Historia Indonesia (KHI). Kepulauan Seribu, Jakarta, menyimpan kisah sejarah besar yang menjadi cikal bakal nasib masyarakat nusantara selama beratus tahun.
Pulau Kelor, Pulau Cipir, dan Pulau Onrust adalah pulau-pulau kesatuan yang disatukan oleh sejarah mulai dari masa awal kedatangan orang Belanda, masa kolonial Belanda, penjajahan Jepang, hingga masa kemerdekaan. Para peserta HIS akan berpetualang menelusuri pulau-pulau tersebut. Selain ketiga pulau tersebut, Pulau Bidadari dan Pulau Edam pun kental akan sejarah kolonial Belanda.
Pulau pertama yang disambangi adalah Pulau Kelor. Apakah Anda pernah melihat foto benteng di tengah pulau yang disebut-sebut sebagai Pulau Onrust? Nyatanya, benteng tersebut berada di Pulau Kelor. Benteng Martello tersebut berdiri gagah menatap laut dari berbagai sisi. Ada tiga benteng Martello di Kepulauan Seribu yaitu di Pulau Kelor, Pulau Onrust, dan Pulau Bidadari. Namun, benteng Martello di Pulau Kelor yang masih benar-benar utuh. Bahkan di Pulau Onrust, Anda tidak akan bisa melihat benteng tersebut, hanya tersisa fondasinya saja.
Martello merupakan menara untuk tujuan militer berbentuk lingkaran yang biasanya dilengkapi dengan senjata yang bisa manuver 360 derajat untuk menembak musuh. Menurut Pendiri KHI Asep Kambali yang juga sering menjadi pemandu wisata sejarah menyebutkan bahwa Martello di Pulau Kelor seperti Martello yang ada di Inggris.
"Benteng ini anti meriam. Bata merah yang menyusun benteng ini lebih kuat daripada bahan bata yang ada sekarang. Ini batanya bahan lokal dari Tangerang. Sebenarnya Martello ini hanya bagian dalamnya. Aslinya benteng dari sana," kata Asep sambil menunjuk ke tepi pulau yang benar-benar langsung menyentuh laut. Lokasi yang ditunjuknya itu kini hanya berupa batu-batu pondasi. Asep menceritakan benteng tersebut hancur karena terjangan tsunami akibat letusan Gunung Krakatau di tahun 1883.
"Pulau ini pulau kuburan. Kalau gundukan-gundukan ini digali, banyak tengkorak di dalamnya," ujarnya.
Ia menuturkan banyak tahanan politik yang dihukum mati di Pulau Onrust atau di Pulau Cipir, lalu dikubur di Pulau Kelor. Pun pribumi yang jatuh sakit dan mati di Pulau Onrust dan di Pulau Kelor. Mereka berakhir di Pulau Kelor. Sama seperti namanya, pulau ini sangat kecil. Selebar daun kelor, begitu sebuah ungkapan berbunyi.
Beberapa beton pemecah ombak tampak terpancang di tepian. Pulau tersebut memang mengalami abrasi. Sehingga makin ke sini, Martello makin bersentuhan dengan laut. Sedihnya, separuh dari luas pulau ini hilang. Namun ada satu hal yang unik. Pulau tak berpenghuni tersebut ternyata didiami oleh kucing-kucing liar. Dari manakah kucing-kucing ini mendapat makanan? Asep berkata para pemancing yang biasa memancing di Pulau Kelor sering memberi ikan hasil tangkapan mereka.

Mereguk Kesejukan di Sipiso-piso


Pengunjung menikmati pemandangan di Air Terjun Sipiso-piso di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.


Udara sejuk dan pemandangan hijau selalu menjadi idaman warga kota, apalagi jika ditambah suara ritmis air terjun dan kicau burung. Itulah yang tersaji pada obyek wisata Air Terjun Sipiso-piso di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Obyek wisata ini merupakan andalan Kabupaten Karo selain Bukit Gundaling dan wisata perkebunan.
Nama Sipiso-piso konon berasal dari kata piso atau pisau. Warga sekitar melihat bentuk air terjun yang menghujam itu mirip dengan sebilah pisau. Saat mandi di dasar air terjun dan merasakan guyuran air serasa seperti dihujani ribuan pisau. ”Begitu cerita yang beredar di masyarakat,” kata Pasriyanto Sembiring (37), warga setempat.
Versi lain, nama Sipiso-piso melekat pada air terjun itu karena lokasinya hanya selemparan batu dari Bukit Sipiso-piso.
Air terjun Sipiso-piso berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan air laut. Air terjun ini jatuh dari tebing setinggi 120 meter menuju lembah yang dikelilingi perbukitan dan pohon pinus.
Airnya langsung mengalir ke Danau Toba, Desa Tongging yang hanya berjarak 2 kilometer. Itu sebabnya, selain menikmati air terjun, Anda bisa langsung melihat lanskap danau vulkanik terbesar di dunia itu.
Bila ingin sekadar menyaksikan keindahan Air Terjun Sipiso-piso, Anda bisa menikmati panoramanya dari bibir tebing. Tentu sensasinya kurang mantap dibandingkan langsung turun ke dasar tebing dan merasakan sejuknya air terjun. Untuk mencapai dasar tebing, Anda bisa menuruni bukit melalui jalan setapak berjarak 1 kilometer. Sekitar setengah perjalanan ada pos untuk beristirahat.
Butuh waktu satu jam untuk menuruni jalan itu dan satu setengah jam untuk kembali naik. Segala rasa capai dan lelah terbayar begitu sampai di dasar air terjun yang begitu menyegarkan. Coba duduk sejenak, dengarkan suara air yang membentur dasar tebing, serasa butiran bening itu menerpa wajah. Sejuk tak terkira!
Ajaklah satu atau dua orang teman saat turun, sekadar jaga-jaga apabila terjadi sesuatu. Hati-hati menuruni jalan ini karena semua besi pagar pembatas jalan hilang akibat ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Stamina menjadi perhatian penting saat turun ke dasar air terjun. ”Kalau tidak biasa jalan jauh, sebaiknya jangan turun deh. Bisa jadi enggak bisa balik karena naiknya butuh tenaga lebih besar,” ujar Dimas Sitepu (31), pengunjung, saat beristirahat di pos sambil mengelap keringat. Dia harus beristirahat sekitar setengah jam sebelum kembali menaiki jalan setapak.
Saat itu Dimas, yang warga Kota Medan itu, datang bersama delapan anggota keluarganya. Sebagian memilih menikmati air terjun dari bibir tebing karena merasa tak cukup tenaga untuk menuruni punggung bukit.
Itu sudah cukup bagi mereka untuk menghilangkan penat. Hijau dedaunan, suara angin dipadu suara air terjun, serta hijau punggung perbukitan mampu menenangkan batin.
”Kalau di rumah lagi suntuk dan pekerjaan bikin pusing, saya sering ke sini,” kata Titus Tarigan (50), warga Berastagi yang sudah enam kali datang ke Sipiso-piso.
Setelah menikmati kesejukan Sipiso-piso dan tak lupa foto-foto, pengunjung berangsur-angsur berkurang. Menjelang senja, pengunjung memang sudah menarik diri.
Ingin berlama-lama di Sipiso-piso? Anda bisa bermalam di Desa Tongging, persis di bibir Danau Toba. Dari Sipiso-piso, Anda harus menuruni jalan berliku sepanjang 4 kilometer. Tenang, di sepanjang jalan ini mata Anda dimanjakan oleh keelokan panorama perbukitan dan lembah yang ditumbuhi pinus. Dari jauh kelihatan barisan pohon pinus tumbuh di punggung bukit.
Sesampai di Desa Tongging, pilihlah tempat menginap sesuai kebutuhan dan uang di kantong. Harga sewa Rp 100.000-Rp 500.000 per malam.
Tongging juga menjadi pelengkap wisata alam karena di sini Anda bisa menikmati pantai Danau Toba atau sekalian menyewa kail untuk memancing. Bila kulit Anda sensitif, sebaiknya hati-hati karena di tepian danau ini terdapat ratusan kerambah ikan yang residu pakannya sudah mencemari air danau. Bisa jadi kulit Anda terserang gatal-gatal tatkala main di danau.
Sekiranya penginapan di Tongging kurang sesuai selera, meluncurlah ke Berastagi untuk mencari hotel berbintang. Jarak Tongging ke Berastagi hanya 25 kilometer.
Ada beberapa jalan akses untuk mencapai Sipiso-piso, antara lain dari Medan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dengan tarif Rp 30.000 sampai Rp 35.000. Butuh waktu tempuh sekitar dua setengah jam perjalanan lewat Berastagi-Kabanjahe-Merek.
Bisa juga mengambil jalan dari Medan-Lubuk Pakam-Kota Siantar dengan jarak tempuh sekitar lima jam. Sebagian besar pengunjung memilih jalur pertama karena lebih mudah dan singkat. Sebaiknya membawa kendaraan pribadi bila ingin lebih leluasa menikmati suasana.
Pengunjung perdana perlu memerhatikan kondisi jalan, terutama yang memilih jalur Berastagi. Kondisi jalan dari Pancur Batu hingga Sipiso-piso banyak berlubang, khususnya Jalan Tiga Panah. Di jalan ini tersebar puluhan lubang menganga sedalam 40-50 sentimeter dengan diameter sampai 4 meter. Bila hujan turun, jalan berubah menjadi kubangan air.
Jalan nasional ini sudah bertahun-tahun rusak, tetapi tidak ada perbaikan berarti dari pemerintah.
”Kami sudah berkali-kali menyampaikan ke pemerintah pusat dan Provinsi Sumut, tetapi ya tetap begitu. Banyak wisatawan yang kapok datang ke Karo lantaran jalan rusak itu,” kata Dinasti Sitepu, Kepala Dinas Pariwisata, Seni, dan Budaya Kabupaten Karo.
Kondisi infrastruktur Sipiso-piso tidak begitu bagus. Jalan tidak mulus dan sampah berserakan di mana-mana. Hal ini menunjukkan kesan tidak adanya perawatan berarti. Padahal, pendapatan asli daerah dari Sipiso-piso mencapai Rp 150 juta per tahun dari sekitar 150.000 pengunjung per tahun.
Dinasti memaparkan, sudah dua tahun ini tidak ada anggaran perawatan untuk Sipiso-piso. Alasannya, Dana Alokasi Umum Kabupaten Karo yang mencapai Rp 426 juta per tahun habis untuk gaji pegawai sebanyak 92 persen dan sisanya untuk pemeliharaan jalan kabupaten.
Di berbagai daerah, obyek wisata alam seperti Air Terjun Sipiso-piso ini ibarat angsa bertelur emas. Pemerintah senang menikmati telurnya, tetapi tidak pernah merawat angsanya. Mungkin aparat terkait lupa bahwa angsa bisa rutin bertelur jika gizinya memadai dan dirawat baik-baik.

Air Terjun Bantimurung dan Kupu-kupu

Kawasan bermain air di Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan.

Seharusnya air tampak bening dan arus tenang. Di kala hujan terus menerus dan cuaca tak menentu, air terjun Bantimurung tampak keruh. Tumpahan air terjun mengalir deras hingga jauh. Di saat cuaca bersahabat, warung-warung ikan bakar akan merajai tepi aliran air terjun.
Namun, hal tersebut tak menyurutkan anak-anak untuk berenang dengan riang. Di kawasan tersebut memang tersedia bagian kolam renang untuk anak-anak. Bahkan, lengkap dengan perosotan air. Uniknya air kolam tersebut berasal dari air terjun. Orang dewasa memang biasa berenang langsung di aliran air terjun. Nah, si kecil pun tak mau kalah. Ia bisa tetap bisa bermain air namun di tempat yang lebih aman.
Taman Nasional Air Terjun Bantimurung yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan ini masih menjadi favorit para wisatawan lokal maupun domestik. Hanya perlu sejam perjalanan dari bandara, Anda sekeluarga akan menemukan kawasan rindang penuh pepohonan. Udara sejuk dan desiran air terjun membuat ingin berlama-lama di tempat ini. Apalagi sambil mengelar tikar dan piknik bersama keluarga. Suasana pun makin seru.
Tak hanya, air terjun Bantimurung juga terkenal dengan kupu-kupu. Jangan heran saat memasuki kawasan ini penuh pedagang cenderamata yang terbuat dari kupu-kupu diawetkan. Karena itu datanglah ke air terjun Bantimurung pada bulan Mei. Pada saat ini, kupu-kupu banyak bermunculan. Anak-anak pun tak sekadar bermain air, namun juga belajar mengenai kupu-kupu. Jika ingin wisata edukasi tentang kupu-kupu, datangi saja Museum Kupu-Kupu yang berada di kawasan yang sama.
Untuk mencapai air terjun Bantimurung, Anda harus melewati Jl. Perintis Kemerdekaan ke arah Kabupaten Maros. Nah, jangan lupa untuk membeli Roti Maros di perjalanan. Roti Maros merupakan roti khas daerah Maros. Penampakannya sangat sederhana, seperti roti biasa. Ciri khas roti ini adalah isian srikaya. Rasanya yang legit pasti disukai anak-anak.

Danau Batur Siap Jadi Geopark

Danau Batur di Kintamani, Bangli, Bali.

 
Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata mengusulkan Danau Batur dan Pacitan ke Unesco sebagai geopark. Jika lolos, maka kedua kawasan tersebut menjadi geopark pertama yang diakui Unesco di Indonesia.
"Batur dan Pacitan sudah diajukan di September 2010 ke Unesco. Minta dukungan dan doa supaya bisa lolos," kata Direktur Produk Pariwisata Kemenbudpar, Acyaruddin kepada Kompas.com, Kamis (17/3/2011).
Jika dokumen yang diajukan lolos, maka tim dari Unesco datang ke kedua lokasi tersebut untuk melakukan penilaian pada bulan Juni atau Juli 2011. Sementara itu, apabila lolos maka pengumuman akan dilakukan pada September 2011. Ia menuturkan geopark merupakan branding baru konservasi.
Acyaruddin menuturkan geopark merupakan sebuah kawasan yang menampilkan proses pembentukan geologi bumi. Ia menjelaskan proses tersebut bisa jadi karena pengikisan laut, pergeseran lempeng bumi, retakan bumi, dan sebagainya. Salah satu cara untuk menentukan suatu geopark adalah dari batu yang ada di lokasi.
"Bentuk batu, kemiringan batu, fosil batu, dan lainnya. Sehingga bisa terlihat kapan dan bagaimana terjadinya. Seperti di Batur, bentuknya aneh-aneh sekali," katanya.
Geopark bisa menjadi suatu bentuk penghargaan manusia kepada proses pembentukan bumi. Namun tak hanya dari segi geologi, menurut Acyaruddin geopark penting karena menyangkut pada konservasi alam maupun manusia.
"Kalau ada pemukiman, masyarakat diminta aktif dan dididik untuk memanfaatkan geopark, jadi bukannya mereka malah digusur. Perkampungan tradisional harus dikonservasi. Community based development harus dijalankan," katanya.
Ia menambahkan agar masyarakat mau mengembangkan kawasan geopark maka harus ada rasa memiliki. Karena itu, lanjutnya, perlu ada penyuluhan terus menerus ke masyarakat.
"Harus penyuluhan supaya masyarakat paham apa manfaatnya dan apa yang akan mereka dapat dari sisi, dari segi ekonomi bagaimana," jelasnya. Sehingga, jika terjadi konservasi maka pada akhirnya dapat menunjang ekonomi masyarakat.
"Masyarakat dunia lagi gandrung ke tempat-tempat yang masyarakat dan alamnya dilindungi. Kalau destinasi peduli pada konservasi alam dan masyarakat, turis akan datang," katanya.
Karena itu, tambahnya, desa di geopark perlu ditata dan masyarajat diberdayakan untuk bekerja di etalase geopark ataupun memproduksi sesuatu untuk wisatawan.
Ia mengatakan bisa juga dengan seni budaya yang dimiliki masyarakat setempat akan menjadi nilai jual. Sehingga masyarakat itu sendiri bisa menjadi daya tarik wisata.
Etalase geopark merupakan suatu lokasi untuk menginformasikan geopark di destinasi wisata tersebut. Rencananya, etalase geopark Danau Batur adalah Desa Panelokan. Sedangkan Pantai Teleng Ria direncanakan sebagai etalase Pacitan.

Perjalanan Besar Tukik Kecil

 
WAKTU masih menunjukkan pukul 19.00 saat wisatawan yang akan melihat penyu bertelur di Pantai Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (20/3/2011), diperintahkan agar menyiapkan diri.
Jarak dari penginapan menuju pantai tidak jauh, tetapi jalan yang berlumpur akibat hujan memaksa semua pergi dengan menggunakan mobil berpenggerak empat roda.
Di pinggir pantai, dengan meninggalkan pesan untuk diam dan tidak membuat cahaya, dua petugas Unit Pengelolaan Konservasi Penyu Taman Nasional Meru Betiri pergi menyusuri pantai dan berjanji akan memberikan kode kedipan senter jika sarang sudah ditemukan.
Satu jam berlalu ketika tanda kedipan senter akhirnya datang. Semua bergegas menuju arah cahaya. Namun, sayang, seekor penyu hijau yang diperkirakan berumur 80 tahun tidak jadi bertelur dan bergegas meninggalkan sarangnya menuju lautan. Semua pun kembali menunggu sampai kedipan lampu petugas kembali datang.
Dua penyu sudah bertelur tidak jauh dari sarang pertama. Kilatan cahaya dari kamera menyala mengabadikan momen yang langka tersebut.
Menurut salah satu petugas, Triyono, pengambilan telur harus dilakukan setiap hari untuk menyelamatkan telur tersebut dari predator, seperti biawak dan babi hutan. Untuk kemudian ditetaskan di penangkaran Unit Pengelolaan Konservasi Penyu Laut Taman Nasional Meru Betiri.
Telur yang dikumpulkan kemudian dikubur kembali ke dalam pasir dan akan menetas 72 hari kemudian. Setelah menetas, tukik-tukik tersebut diambil untuk ditampung di akuarium selama tiga minggu untuk kemudian tukik yang sudah cukup kuat tersebut siap dilepas ke laut.
Tidak tanggung-tanggung, dalam satu tahun sekitar 10.000 tukik hasil penangkaran berhasil dilepas ke laut melalui Pantai Sukamade.
Namun, akibat banyaknya predator yang mengancam, dari sekitar seribu tukik yang dilepas, kemungkinan yang hidup hingga dewasa hanya satu.
Walau medan yang sulit dan harus ditempuh dengan mobil berpenggerak empat roda, kenyataan inilah yang menjadi alasan wisatawan berbagai bangsa datang ke Pantai Sukamade. Bergotong royong, bahu-membahu menyelamatkan penyu dengan memberikan tangan mereka sebagai bentuk dukungan serta melepas, dan tukik kecil memulai perjalanan hidupnya yang besar di lautan.

Pulau Elok Menyimpan Kisah Seram...

Pulau Cipir di Kepulauan Seribu, Jakarta 
 
Perjalanan menggunakan sampan bermotor satu berlanjut menuju Pulau Cipir atau Pulau Khayangan. Sebelumnya, peserta wisata sejarah "Historical Island Adventure (HIS)" yang diadakan oleh Komunitas Historia Indonesia (KHI) menelusuri Pulau Kelor.Untuk masuk Pulau Cipir perlu tiket masuk sebesar Rp 2.000. Pulau elok dengan pasir putih itu ternyata menyimpan kisah menyeramkan. Inilah pulau tempat banyak orang disuntik mati. Jika Anda berjalan ke sisi berseberangan dari arah dermaga, Anda akan menemukan sebuah reruntuhan bangunan yang menghadap ke laut.
Pada masa kolonial Belanda, bangunan tersebut adalah bangsal Rumah Sakit. Namun saat Belanda kalah perang dari Jepang, Jepang yang berkuasa menjadikan bangsal itu sebagai tempat hukum gantung untuk orang Belanda dan pribumi. Rumah sakit saat kolonial Belanda salah satunya berfungsi untuk karantina penyakit menular. Namun kemudian berfungsi menjadi karantina haji.
"Ada cerita tentang sesuatu yang kita banggakan tapi kalau dinilai dari sejarah tidak terlalu perlu. Gelar haji itu baik, berarti telah menunaikan ibadah dan disegani. Tapi ternyata pada zaman kolonial, Belanda yang memberi gelar haji itu. Orang-orang dikarantina haji di pulau ini, kalau sudah lulus gelar itu diberikan. Karena itu gelar haji hanya ada di Indonesia," jelas pendiri KHI Asep Kambali yang juga sering menjadi pemandu wisata sejarah.
Mengapa Belanda perlu mengkarantina orang-orang yang naik haji? Belanda memberi alasan untuk menjaga kesehatan. Namun, Asep menceritakan pemerintah kolonial khawatir terhadap meluasnya gerakan Pan-Islam.
Sementara orang yang melaksanakan ibadah haji biasanya bertahan di tanah Arab paling sedikit tiga bulan. Mereka memanfaatkan waktu tersebut untuk belajar agama kepada ulama-ulama terkemuka. Ide Pan-Islam yang menentang penjajahan non-Islam akan memberi dampak pada militansi orang yang menunaikan ibadah haji.
"Belanda khawatir orang yang naik haji sudah tercemar paham Pan-Islam. Mereka khawatir kalau tidak dikarantina nanti memberontak ke Belanda. Gelar haji diberi supaya kalau dia sudah keluar dari karantina, Belanda bisa tetap mencari dia," jelasnya. Nyatanya, kekhawatiran Belanda itu benar adanya. Para pahlawan dan pemimpin yang menentang Belanda adalah orang-orang bergelar haji.
Usai berkeliling Pulau Cipir, peserta pun kembali naik ke sampan. Tujuan berikutnya adalah Pulau Onrust. Pulau Kelor, Pulau Cipir, dan Pulau Onrust adalah pulau-pulau kesatuan yang disatukan oleh sejarah mulai dari masa awal kedatangan orang Belanda hingga masa kolonial Belanda. Para peserta HIS berpetualang menelusuri pulau-pulau tersebut. Selain ketiga pulau tersebut, Pulau Bidadari dan Pulau Edam pun kental akan sejarah kolonial Belanda.

Bebek Goreng Bendega, Empuk dan Renyah


  Bebek goreng Warung Bendega. 
Warung Bendega, inilah tempat tujuan tim Doyan Makan berikutnya dalam wisata kuliner Bali kali ini. Katanya bebek goreng di sini enak sekali dan bisa bikin kita ketagihan. Wow... asyik sekali kedengarannya. Membuat saya dan teman-teman jadi semakin ingin mencobanya. Kami bersama Pak Ketut menuju ke daerah Renon karena Warung Bendega berada di Jalan Jaya Giri No 2A Renon, Denpasar, Bali.Tempatnya sangat asri lho. Ada lahan parkirnya dan ada pintu berukiran Bali yang memisahkan antara tempat parkiran dan restorannya. Kesan Bali-nya sangat kuat sekali di sini. Begitu masuk ke dalam kita akan bisa melihat beberapa saung khas Bal, dan tempat duduknya berada di dalam saung-saung tersebut. Benar-benar nyaman lho makan di sini, dengan udara terbuka .... Wah segar, apalagi sore itu sedang turun hujan rintik-rintik, suasananya jadi semakin menyenangkan, adem dan nyaman.
Saya langsung pesan capucinno untuk menghangatkan badan, he-he.... Agak aneh sih sebenarnya karena Bali biasanya panas banget, tetapi hari ini seharian mendung dan sore ini hujan. Teman saya ada yang pesan strowberry juice juga. Untuk menu makanannya kami berenam pesan bebek goreng semua. Sebagai menu pembuka, kami pesan calamary saos tartar.
Sekitar 10 menit makanan kami pun datang. Bebek goreng yang disajikan dengan tiga macam sambal, yaitu sambal matah, sambal goreng, dan sambal bumbu merah. Inilah yang menjadi ciri khas Bendega, tiga macam sambalnya itu. Bendega juga menyajikan bebeknya dengan sayur kangkung plecing.
Saya coba bebeknya dulu. Sekilas memang tampak biasa aja bebeknya. Namun begitu saya cuil dan saya makan, wah rasanya enak banget. Dagingnya empuk banget, tidak alot sama sekali tetapi kulitnya renyah. Bumbunya pun sangat terasa sampai ke dalam dagingnya. Wah, mantap abis ini bebek gorengnya, bener-bener enak. Belum lagi ditambah dengan tiga jenis sambal tadi, saya sampai minta tambah lagi sambalnya. Iya memang saya suka sekali dengan sambal khas Bali ini yang terbuat dari cabai, irisan bawang merah, dan minyak kelapa. Cocok sekali untuk dimakan dengan daging bebek goreng Bendega.
Belum lagi kangkung pelcingnya yang sangat menggugah selera. Kangkungnya segar dan dicampur dengan sambal plecing yang lumayan pedas, wuihh.... enak bener lho kangkung plecingnya.
Porsi bebek gorengnya memang cukup besar, setengah ekor per porsinya. Ini juga bisa untuk dua orang. Harga per paketnya adalah Rp 65.000 sudah termasuk bebek goreng, nasi putih, dan kangkung plecing. Menurut saya dan teman-teman, ini bebek goreng yang enak banget. Jadi sangat layak sekali untuk Anda coba kalau sedang berkunjung ke daerah Renon.

Wuih... Ayam Bumbu Hijau Cabe Ulek

 
Cabe Ulek ... kesannya pedas ya he-he... Tapi itulah nama sebuah restoran yang berada di daerah Pantai Indah Kapuk, tepatnya di Ruko Cordoba blok F 15, Bukit Golf Mediterania, PIK, Jakarta Utara. Nama yang unik, simple, dan yang pasti mudah untuk di ingat. Buat Anda yang tidak suka pedas jangan khawatir, karena tidak semua menu di Cabe Ulek pedas kok.
Awalnya kami bisa sampai ke Cabe Ulek adalah karena rekomendasi dari seorang teman. Menurut dia, Nasi Bambu Bakar di Cabe Ulek enak banget. Ada teri di dalamnya. Hmm ... enak nih kayanya. Makanya, siang itu juga kami langsung mencoba si Nasi Bakar Bambu yang ada di Cabe Ulek.
Setelah sampai disana, ternyata lauknya sangat beragam. Resto yang mengusung makanan Sunda dan Seafood ini mempunya menu andalan seperti Ayam Bumbu Hijau dan Bandeng Bakar Bumbu Merah (Cabut Duri). Akhirnya kami pun mengikuti saran mereka untuk mencoba menu andalan Cabe Ulek. Kami pesan nasi bambu bakar, ayam bumbu hijau, bandeng bakar bumbu merah, genjer ebi, dan tahu kipas. Wuihh mantap ya menu makan siang kami he-he... Maklum, kami sedang kelaparan sehabis meeting sedari pagi tadi.
Nasi bakar memang ciri khas masakan Sunda, disajikan masih dibungkus dengan daun pisang. Isi di dalamnya bisa bermacam-macam, ada yang berisi oncom, ikan asin, ikan teri, dll. Tap di Cabe Ulek ini, nasi bakarnya berisi ikan teri dan daun kemangi. Rasanya ... Mantap euy. Pulen, aromanya khas banget, dan terasa nikmat sekali karena ada ikan teri dan daun kemangi tadi. Cocok untuk di santap dengan Ayam Bumbu Hijau-nya.
Ayam Bumbu Hijau adalah ayam yang sudah di racik bumbu kemudian di-steam, dan disajikan dengan bumbu cabe hijau. Penampilannya mirip dengan ayam pop ala Padang, tapi ini bukan ayam pop, karena ini dimasak dengan cara di-steam.  Rasanya memang lembut dan enak, sangat pas dengan bumbu cabe ijonya. Nyam nyam... enak pisan yeuh. Nah kalau Bandeng Bakar Bumbu Merahnya dibakar, tapi sudah tidak ada durinya, karena ini bandeng cabut duri. Bumbu merahnya menutupi semua ikannya, yang ini rasanya juga enak.
Menu yang lainnya adalah Genjer Ebi, sayur genjer yang di masak dengan ebi. Ini juga salah satu favorit disini. Enak juga lho ini sayur genjernya, saya suka dengan sayur genjernya. Apalagi tahu kipasnya, wuihh.. mantap deh rasa tahu kipasnya. Renyah di luar, lembut di dalam. Sedap. Apalagi dicocol dengan sambalnya he-he...
Di Cabe Ulek juga tidak hanya ada masakan Sunda, tapi ada juga Seafood seperti Kepiting Lada Hitam, Udang, dan Cumi-Cumi. Cobain deh si Cabe Ulek ini, menunya enak-enak lho. O iya, Cabe Ulek juga ada cabang di Jl. Batu Tulis Raya, Jakarta Pusat.

Senin, 18 April 2011

Solusi Baik Bagi Orang Langsing Yang Menjadi Gemuk

Orang-orang berduit yang ingin melangsingkan tubuh secara instan sering menempuh jalan pintas dengan sedot lemak. Padahal tindakan ini bukan untuk mengatasi kegemukan, melainkan untuk memperbaiki bentuk tubuh bagi yang sudah langsing.
Lemak yang disedot juga tidak semuanya, hanya di bagian tertentu yang dirasa masih mengganggu penampilan misalnya di pinggang dan lengan atas. Lemak-lemak yang berada jauh di dalam rongga perut misalnya di hati tidak bisa dihilangkan hanya dengan sedot lemak.
sedot+lemakPadahal masalah utama bagi penderita kegemukan bukanlah lemak di bawah kulit seperti yang ada di lengan atau pinggang. Lemak yang ada di rongga perut lebih berbahaya karena mempengaruhi sistem metabolisme, termasuk memicu resistensi insulin penyebab diabetes tipe-2.
“Sedot lemak lebih ditujukan untuk body shaping atau membentuk badan. Dokter bedah plastik juga punya keterbatasan, tidak mungkin semuanya disedot,” ungkap pakar pbesitas, Dr Samuel Oetoro, MS, SpGK dalam konferensi pers Seminar dan Kursus Obesitas ke-6 di Hotel Borobudur, Jumat (8/4/2011).
Dr Samuel mengatakan, dalam kondisi tertentu sedot lemak memang dibutuhkan. Misalnya pada orang yang sudah langsing, namun masih ada sedikit timbunan lemak di bagian tertentu yang secara estetis tidak menarik dan perlu dihilangkan dalam waktu singkat.
Olahraga butuh waktu, sementara bagi profesi tertentu misalnya model urusan penampilan tidak bisa menunggu lama. Olahraga juga sulit menghilangkan lemak di bagian tertentu saja, salah-salah malah menghilangkan lemak di bagian lain yang memang seharusnya berlemak misalnya payudara.
Jika dilakukan oleh pasien obesitas untuk menurunkan berat badan secara instan, maka yang lebih banyak didapatkan justru efek negatifnya termasuk kulit mengendur. Belum lagi perawatannya yang tidak murah, mulai dari menyembuhkan luka sayatan hingga mencegah timbunan lemak terbentuk kembali.
Menurut Dr Samuel, cara paling sehat dan aman untuk menurunkan berat badan adalah mengubah perilaku (behaviour), menerapkan diet yang sehat dan meningkatkan aktivitas fisik. Jika ketiganya gagal, pilihan berikutnya adalah memakai obat yang hanya boleh dibeli dengan resep dokter.
Operasi maupun sedot lemak harus ditempatkan sebagai pilihan terakhir jika segala upaya yang dilakukan tidak membuahkan hasil. Itupun harus dilakukan oleh dokter bedah plastik, bukan di klinik-klinik ilegal yang tidak terjamin keamanannya.

Cara Yang Natural Untuk Merangsang Kehamilan

Jika kehamilan sudah mencapai usia 40 minggu dan belum ada tanda-tanda kontraksi maka ibu hamil akan diberikan induksi untuk merangsang persalinan. Tapi ternyata ada cara-cara alami yang bisa dilakukan untuk merangsang persalinan.
Persalinan umumnya tidak akan mulai terjadi ketika seseorang sedang tegang, khawatir atau berusaha keras untuk melahirkan. Karenanya beberapa ibu kadang harus menggunakan bantuan induksi untuk merangsang terjadinya kontraksi. Induksi ini tidak hanya sebatas obat-obatan, tapi juga bisa didapatkan secara alami atau natural.
Induksi alami sebaiknya dilakukan minimal setelah usia kehamilan mencapai 38 minggu. Beberapa hal bisa dilakukan untuk menginduksi persalinan secara alami, seperti dikutip dari Pregnancy.lovetoknow.com dan Babycenter, Sabtu (9/4/2011)yaitu:
ibu+hamilCobalah untuk rileks
Cobalah mandi dengan iar hangat, mendapatkan pijat dengan tujuan relaksasi yang membuat tubuh tenang. Jika rileks maka tubuh akan lebih siap untuk melakukan persalinan. Bisa juga dengan melakukan meditasi seperti menutup mata sambil menarik napas dalam-dlam melalui hidung dan keluarkan di mulut, serta membayangkan hal-hal yang menyenangkan, lembut dan damai mengenao persalinan.
Melakukan hubungan seks
Seks merupakan trik yang paling terkenal untuk memulai persalinan, karena cairan semen mengandung prostaglandin alami yaitu hormon yang terlibat dalam persalinan awal. Kegiatan sederhana lainnya juga bisa membantu seperti meminta pasangan untuk merangsang puting susu sehingga bisa mencapai orgasme. Kondisi ini bisa membantu membuka leher rahim sebesar 2 cm.
Berhubungan seks dan mencapai orgasme bisa mendorong pelepasan oksitosin. Tapi jangan lakukan secara terus menerus, jika sampai setengah jam atau lebih tidak ada perubahan sebaiknya dihentikan dan mungkin bisa mencobanya lagi di lain hari.
Cobalah untuk berjalan-jalan
Melakukan jalan-jalan dengan perlahan dan lembut bisa memulai terjadi kontraksi, menempatkan tekanan pada leher rahim yang dapat mendorongnya untuk membesar. Tapi pastikan tetap mengonsumsi cairan yang cukup, mempertahankan suhu tubuh dan mendengarkan sinyal dari tubuh. Jika tubuh sudah merasa lelah itu memberitahu untuk berhenti.
Berbicara dengan bayi yang dikandung
Studi terbaru menunjukkan berbicara dengan bayi yang dikandung dan memastikan bahwa ia akan merasa diterima dengan baik dan memberikan kesempatan membentuk ikatan dengan bayi yang secara alami bisa menginduksi persalinan.

6 Cara Paling Baik Menghilangkan Rasa Cemas

Rasa cemas sering kali datang tanpa diduga. Selain membuat perasaan tidak enak, kemungkinan yang lebih buruk adalah bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan fisik dan mental. Mulai dari mulut kering hingga peningkatan denyut jantung yang bisa memicu efek mual dan serangan panik.
rasa+cemasMenghindar dari kecemasan bukan perkara mudah. Tapi, rasa tak nyaman itu bisa diredam dengan sejumlah cara, seperti dikutip dari laman Shine berikut.
1. Spa
Relaksasi ini bisa mengalihkan pikiran dari rasa khawatir. Tak harus dilakukan di salon dengan biaya mahal, spa bisa dinikmati di rumah. Banyak panduan spa melalui CD atau DVD yang bisa diikuti di rumah.
“Hanya butuh beberapa menit mendengarkan petunjuk narator, suara yang menenangkan, yang mendorong saya untuk mengelilingi diri dengan kekuatan, sebelum aku benar-benar tidak merasa tenang dan tidak terlalu khawatir,” demikian tulis ahli pengobatan alternatif Sara Altshul.
2. Makan mangga
Menurut peneliti dari Jepang, tindakan sederhana mengupas, mengiris, dan makan mangga, bisa membantu mendinginkan kekacauan otak. Mangga mengandung senyawa yang disebut linalool. Penelitian yang dipublikasikan dalam edisi terbaru Jurnal Pertanian dan Pangan Kimia mengungkap, menghirup bau makanan kaya linalool, termasuk basil dan lemon, membantu mengatasi stres dan rasa cemas.
Cobalah membuat jus mangga dengan tambahan 2 sdm madu, 1/2 cangkir perasan jeruk, dan 1/2 cangkir plain yogurt dengan beberapa kubus es batu untuk meredakan cemas dan stres.
3. Menulis catatan pribadi
Carol Kryder, PhD, seorang psikolog klinis dan ahli kesehatan mental untuk JustAnswer.com mengatakan, menulis bisa menjadi kunci untuk mengusir emosi negatif.
Catatan harian bisa menjadi media untuk mengendalikan pikiran. Jangan hanya menuliskan kecemasan, tapi coba berkhayal untuk menuliskan langkah antisipasi mengenai hal buruk yang mungkin terjadi.
4. Rangsangan karet gelang
Vandana Bhide, MD, seorang internis dalam praktik kejiwaan di Florida menawarkan terapi ringan untuk mengatasi rasa cemas berlebih. “Pasang karet gelang di pergelangan tangan dan hentakkan kareta secara perlahan ke permukaan kulit setiap kali rasa itu muncul,” katanya. “Ini akan mengingatkan diri untuk mengarahkan pikiran.”
5. Kunyah cokelat
Mengonsumsi cokleat bisa membantu meredakan rasa khawatir. Penelitian yang diterbitkan tahun lalu dalam Journal of Proteome Research, mengungkao, mereka yang makan satu ons cokelat hitam setiap hari selama dua minggu mengalami penurunan hormon stres dalam tubuh.
Menjaga hormon stres tetap seimbang dapat membuat Anda lebih siap untuk menghadapi kekhawatiran dan membantu Anda menangani masalah kehidupan yang tidak stabil. Jika Anda benar-benar ingin meredakan rasa khawatir disarankan memilih dark chocolate yang kaya antioksidan.
6. Yoga
Banyak studi yang menghubungkan antara kebugaran dan kondisi kejiwaan. Pelatih Kebugaran asal Florida, Equinox Kalicinski Sylvia, mengatakan yoga adalah latihan terbaik yang membantu mengontrol rasa cemas.
“Yoga mengajarkan Anda cara bernapas saat mengahadapi kesulitan, mengarahkan pikiran dan energi sementara menjadi lebih sadar akan reaksi Anda,” katanya. “Yoga adalah alat yang membantu Anda mengatur ulang sistem saraf dan salah satu alat paling kuat untuk melepaskan stres.”

Mengurangi Resiko Serangan Jantung Dengan Sebuah Apel

Buah apel menjadi makanan favorit bagi orang yang sedang menjalankan program diet karena kandungan air dan serat pada apel bisa menekan nafsu makan. Tak hanya itu, makan 1 buah apel setiap hari juga bisa menjauhkan Anda dari penyakit jantung.
Penelitian terbaru yang dilakukan Florida State University di Tallahassee menemukan bahwa makan satu buah apel setiap hari baik untuk kesehatan pembuluh darah atau kardiovaskular.
Peneliti mencatat bahwa wanita yang makan apel setiap hari selama setahun dapat menurunkan kolesterol total sebesar 14 persen dan tingkat kolesterol jahat (LDL atau Low Density Lipoprotein) sebesar 23 persen.
makan+apel+untuk+kesehatan“Saya tidak pernah menyangka bahwa konsumsi apel dapat mengurangi kolesterol jahat sambil meningkatkan kolesterol baik HDL (High Density Lipoprotein) sekitar 4 persen,” jelas Bahram Arjmandi, Ketua Departemen Gizi, Makanan dan Ilmu Olahraga di Florida State University di Tallahassee, seperti dilansir Healthday, Rabu (13/4/2011).
Dalam studi terbaru ini, para peneliti ingin menilai efek jangka panjang dari konsumsi apel tersebut terhadap kesehatan jantung.
Peneliti merekrut 160 wanita antara usia 45 hingga 65 tahun. Para wanita tersebut secara acak dijadikan satu dari dua kelompok intervensi diet. Satu kelompok diberi 75 gram apel kering setiap hari selama setahun, sedangkan kelompok lainnya diberi plum kering setiap hari selama setahun.
Menurut penelitian ini, apel kering harian mengandung sekitar 240 kalori dan apel mengandung sekitar 5 gram serat, menurut Departemen Pertanian AS.
Peneliti menemukan bahwa wanita yang makan apel kering dapat menurunkan kolesterol total sebesar 14 persen. Kolesterol LDL turun 23 persen. Konsumsi apel harian juga secara signifikan menurunkan tingkat protein C-reaktif dan hidroperoksida lipid, dua bahan yang dapat mengindikasikan peningkatan risiko penyakit jantung. Namun apakah plum berpengaruh pada tingkat kolesterol tidak disebutkan dalam studi abstrak.
“Apel benar-benar adalah buah luar biasa karena berbagai alasan. Alasan terbesar apel adalah serat, apel memiliki serat larut dan tidak larut. Serat tidak larut banyak ditemukan pada kulitnya, sedangkan daging buahnya mengandung serat larut,” kata Jessica Shapiro, ahli gizi klinis di Montefiore Medical Center di New York City.
Menurut Shapiro, daging buah apel akan menjadi zat seperti gel yang sangat kental yang dapat mengambil kolesterol dan menariknya keluar dari tubuh.
“Satu hal yang baik dalam apel adalah pektin. Ini adalah zat yang digunakan untuk membuat jeli atau selai, dan pektin berkontribusi terhadap viskositas apa yang terjadi melalui tubuh, dan membantu mengeluarkannya. Apel juga punya banyak antioksidan dan komponen alami lainnya,” katanya.
Shapiro mengatakan dia akan merekomendasikan apel segar ketimbang apel kering, karena beberapa nutrisi mungkin hilang dalam proses pengeringan.
Menurut US Centers for Disease Control and Prevention, makanan dapat memiliki efek pada kadar kolesterol. Makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol dapat meningkatkan kadar kolesterol, sedangkan makanan dengan lemak sehat seperti minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol Anda.
Makanan dengan serat, seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, dapat menurunkan kadar kolesterol, sedangkan karbohidrat yang rendah serat cenderung meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan kadar HDL sebagai kolesterol baik.

Zat Besi Jengkol Untuk Mengobati Kekurangan Darah

Kekurangan zat besi merupakan penyebab pemicu terbesar pada anemia atau kurang darah. Buah jengkol disebut-sebut berkhasiat untuk mengatasi kondisi tersebut, karena diyakini memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Benarkah demikian?
Informasi yang beredar di berbagai blog dan milis menyebutkan, jengkol (Archidendron pauciflorum) mengandung 4,7 gram zat besi dalam setiap 100 gram. Padahal rata-rata orang mengonsumsi jengkol 20-50 gram/porsi, sehingga diperoleh kandungan besi sebanyak 0,85-2,3 gram (850-2300 mg).
Jumlah tersebut cukup tinggi mengingat kebutuhan zat besi pada manusia umumnya hanya berkisar antara 11-27 miligram, tergantung usia dan kondisi kesehatannya. Ibu hamil membutuhkan zat besi lebih banyak karena diperlukan dalam pertumbuhan fisik dan kecerdasan janin yang dikandungnya.
gambar+pohon+jengkolKekurangan zat besi bisa memicu anemia atau kurang darah, karena zat besi dibutuhkan dalam sintensis sel darah merah atau hemoglobin (Hb). Pada masa tubuh kembang, kekurangan zat besi juga bisa menghambat perkembangan fisik dan kecerdasan anak.
Saat dimintai komentar tentang khasiat jengkol untuk mengobati anemia, Ketua Satgas Anemia Defisiensi Besi (Adebe) Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Prof Dr Djajadiman Gatot, SpA(K) mengaku tidak tahu-menahu tentang kandungan nutrisi di dalam buah yang terkenal akan baunya tersebut.
“Kalau ditimbang untung ruginya, makan jengkol malah ada risiko keracunan yang dampaknya bisa merusak ginjal. Selain itu, kerugian lainnya tentu saja harus siap dengan baunya,” tuturnya dalam jumpa pers Anemia Defisiensi Besi pada Anak di laboratorium klinik Prodia, Kramat, Rabu (13/4/2011).
Seperti yang pernah ditulis detikHealth sebelumnya, keracunan jengkol dipicu oleh asam jengkolat (jengkolic acid) yakni sejenis asam amino yang terkandung dalam biji jengkol. Endapan asam jengkolat membentuk kristal berujung runcing yang bisa melukai pembuluh darah di ginjal dan saluran kencing.
Gejala keracunan jengkol antara lain sebagai berikut:
  • Merasakan nyeri perut
  • Mual-muntah
  • Susah buang air kecil atau disebut juga ‘anyang-anyangan’.
  • Pada tingkatan yang lebih parah, volume air kencing yang dikeluarkan berkurang dan kadang-kadang disertai bercak darah.
Menurut Prof Gatot, bahan makanan yang sudah terbukti mengandung zat besi dan bisa mengurangi risiko kurang darah antara lain hati ayam, sayuran hijau serta daging merah. Suplemen zat besi juga diperlukan pada kondisi tertentu misalnya saat hamil dan pada masa tumbuh kembang.
Selain itu, zat besi juga bisa didapatkan dari bahan makanan tertentu melalui program fortifikasi atau penambahan nutrisi. Seperti halnya vitamin A yang ditambahkan pada minyak goreng dan yodium pada garam, saat ini zat besi juga sudah ditambahkan ke beberapa merek tepung terigu.

Kejang-Kejang Pada Penyakit Ayan Dapat Mengawali Tumor Otak

Ketika penyakitnya kumat, penderita epilepsi atau ayan tidak menyadari apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Kaki dan tangan kejang-kejang, serta tatapan mata lurus tanpa ada respons ketika diajak komunikasi. Tanda-tanda epilepsi ini bisa menjadi gejala awal tumor otak.
Sebuah studi baru menunjukkan bahwa orang dengan epilepsi jauh lebih besar kemungkinannya untuk dapat didiagnosis dengan tumor otak, seperti Health24, Rabu (13/4/2011).
Para peneliti mencatat bahwa epilepsi dapat mengindikasikan adanya tumor otak stadium sangat awal atau tumor yang belum terdeteksi pada scan otak.
Studi ini dilakukan dengan melihat data penerimaan pasien rumah sakit antara tahun 1963 dan 2005 dan diagnosa atau meninggal karena tumor otak. Hasil analisis menunjukkan bahwa orang yang pernah masuk rumah sakit karena kejang epilepsi hampir 20 kali lebih besar untuk mengembangkan tumor otak daripada orang dirawat di rumah sakit karena alasan lain.
kejang+epilepsiBahkan ketika peneliti mempertimbangkan kemungkinan bahwa tumor otak telah terjawab atau tidak tercatat dalam tahun pertama setelah menderita epilepsi, risiko masih 7,5 sampai 9 kali lebih tinggi pada pasien epilepsi.
Studi ini juga menemukan bahwa orang dengan epilepsi 25 kali lebih besar untuk mengembangkan kanker otak dan 10 kali lebih mungkin mengembangkan tumor jinak dibandingkan pasien lain.
Risiko terbesar adalah pada pasien epilepsi berusia 15 sampai 44 tahun, yang 24-38 kali lebih besar untuk mengembangkan tumor otak daripada orang pada usia yang sama tanpa epilepsi.
Menurut peneliti, risiko tumor otak berlangsung selama beberapa tahun setelah dirawat di rumah sakit terkait epilepsi awal.

Gadis Cilik Operasi Telinga Karena Tak Tahan Diejek

Operasi plastik pada anak-anak sangat tidak dianjurkan karena berbagai alasan mental dan medis. Namun seorang gadis cilik usia 7 tahun memilih untuk melakukan operasi telinganya yang sangat lebar karena tak tahan terus menerus diejek teman-temannya.
Samantha Shaw gadis cilik asal South Dakota AS ini setiap hari harus mengalami bullying (gangguan dan ejekan) gara-gara memiliki telinga yang lebar dan tanpa lekukan seperti kelinci.
Ejekan itu menurut ibunya, Cami Roselles tak hanya dari teman-temannya tapi juga dari orang dewasa yang mungkin hanya gemas melihat telinganya yang sangat lebar. Namun pertanyaan dan ejekan yang menurut orang hanya gurauan biasa tersebut, telah membuat mental Samantha jatuh. Ia selalu menutupi telinga dengan rambutnya, merasa tertekan untuk pergi sekolah atau bermain.
Tak ingin melihat Samantha jatuh kepercayaan dirinya, keluarga akhirnya memutuskan untuk melakukan operasi plastik memperbaiki bentuk telinganya agar terlihat lebih normal dan proporsional. Operasi bentuk telinga ini dinamakan otoplasty, yakni operasi dengan menjepit telinga ke belakang agar tidak terlalu lebar.
Seperti dilansir dari ABCNews, Minggu (17/4/2011) operasi Samantha dilakukan oleh dokter bedah Dr. Steven Pearlman di New York selama 2,5 jam. Operasi tersebut berjalan sukses. Meski sisa pembiusan masih terasa sakit namun Samantha bersedia menjalaninya agar nantinya tidak diejek teman-temannya lagi.
Hasil operasi tersebut cukup baik, telinga Samantha yang tadinya lebar dan tanpa lekukan menjadi lebih proporsional bentuknya seperti bentuk telinga anak-anak normal lainnya.
“Operasi ini sangat berarti bagi Samantha, dia tidak akan diganggu lagi. Saya khawatir suatu saat dia akan mengamuk dan memperlakukan orang dengan cara yang kasar karena sering diejek jika telinganya tidak diperbaiki,” kata ibunya.
Operasi plastik pada anak-anak seperti yang dilakukan Samantha ini, menurut data American Society for Aesthetic Plastic Surgery mengalami peningkatan 30 persen dalam 10 tahun terakhir.
Maraknya anak-anak yang melakukan operasi plastik hampir semuanya karena alasan tidak tahan mendapat ejekan dari teman-temannya. Anak-anak yang terus menerus diejek karena ada bentuk tubuhnya yang terlihat tidak normal itu akhirnya mengalami depresi dan memiliki masalah akademis.
Namun pemerhati anak menyesalkan jika masalah ketidaknormalan bentuk tubuh pada anak-anak harus diselesaikan dengan jalan operasi plastik. Menurut para ahli tersebut, operasi plastik bukanlah jawaban untuk menghentikan aksi bullying. Bagaimana peran orangtua menanamkan nilai-nilai kepercayaan diri pada anak dinilai lebih penting untuk mengatasi solusi anak yang sering mendapat ejekan.
Hal senada juga diungkapkan Cheryl Rode, direktur operasi klinis anak di San Diego yang mengatakan pihaknya tidak ingin terus menerus bertanggung jawab atas korban bullying pada anak yang memilih jalan operasi.

Cara Menghapus Ikon Recycle Bin Pada OS Windows 7

Recycle Bin adalah tempat penyimpanan sementara file-file dan folder-folder yang telah kita hapus sebelumnya. Kadang-kadang karena ketidaksengajaan dalam menghapusnya, kita masih membutuhkan file/folder tersebut. Dengan me-restore file/folder tersebut, kita akan mendapatkan file/folder tersebut seperti sedia kala.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kita dapat menyembunyikan icon Recycle Bin dari desktop dan juga dari Windows Explorer. Dengan demikian orang lain tidak dapat dengan mudah mengotak-atik isi Recycle Bin yang siapa tahu di belakang hari masih kita butuhkan.
Untuk menghilangkan atau menyembunyikan icon Recycle Bin, ikuti langkah-langkahnya bersama Tips dan Trik Komputer berikut ini.
Pertama, jalankan group policy editor (gpedit).
Kedua, setelah terbuka jendela Group Policy Editor, kemudian klik User Configuration\Administrative Templates\Desktop.
menghapus+recycle+binKetiga, pindah ke panel sebelah kanan, kemudian klik double pada “Remove Recycle Bin icon from desktop”, sehingga akan muncul jendela “Remove Recycle Bin icon from desktop”, seperti gambar di bawah ini.
Keempat, pada opsi yang ada, pilih “enabled”
Kelima, kemudian lanjutkan dengan mengklik buton OK dan tutup gpedit.
Keenam, untuk melihat efeknya, lakukan log off terlebih dahulu kemudian log on lagi dan pastikan icon Recycle Bin telah hilang dari desktop kita.

Norman Kamaru Batal Syuting ISLAM KTP

Batalnya Briptu Norman Kamaru untuk melakukan syuting sinetron Islam KTP, Kamis besok dibenarkan oleh pihak Mabes Polri. Hal ini dikarenakan yang bersangkutan harus kembali ke kota asalnya Gorontalo.
“Sebenarnya alasan pembatalan karena yang bersangkutan harus pulang ke Gorontalo untuk melaksanakan tugasnya dulu. Makanya untuk main film ataupun syuting ya belum bisa,” ujar Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Anton Bahrul Alam saat dihubungi KapanLagi.com™, Rabu (12/4).
Briptu Norman sejak kemunculannya di Youtube memang terbilang saat sibuk. Ketika datang ke Jakarta, dirinya pun banyak mendapatkan undangan untuk tampil di televisi. Norman juga sebelumnya mendapatkan tawaran untuk melakukan syuting sinetron Islam KTP.
Lalu, apakah masih ada kesempatan Norman untuk syuting sinetron Islam KTP? “Setelah melihat jadwal tugasnya, nanti bisa saja dilakukan. Dilihat jadwal yang bersangkutan saja dulu,” pungkas Anton

Film ‘Clubbing’ Menghabiskan Bugdet Sebesar 3 Miliar

Satu lagi film Indonesia bertema keluarga, dunia malam, dan narkoba, dan tentunya seks, hadir di hadapan pencinta film Indonesia. Diharapkan film ini dapat menghibur para pencinta film, dan kalaupun tidak, setidaknya film ‘Clubbing’ ini bisa mendidik. Film garapan sutradara Andre Dafa Ra Dandi ini ternyata telah menghabiskan dana sebesar Rp3 miliar.
clubbing+film+indonesia“Untuk membuat film ini, saya mengeluarkan uang 3 miliar rupiah,” ucap Andre Rafa Da Dandi saat ditemui di acara syukuran film clubbing, Hotel Illigals, Hayam Wuruk, Kota, Jakarta Barat, Selasa (12/4/2011).
Andre pun mengatakan dirinya harus menggaet komposer ternama Dwiki Dharmawan untuk mengisi aransemen serta soundtrack di film tersebut.
“Saya juga menggaet mas Dwiki Dharmawan untuk lagu di film saya ini,” tukasnya.
Film Clubbing sengaja diproduksi untuk segmentasi penonton usia 18 tahun ke atas. Pasalnya, usia tersebut merupakan para eksekutif muda yang gandrung dengan gaya hidup dan para orangtua yang memiliki remaja.
Sang sutradara berharap, para penonton dapat mengambil gambaran yang utuh tentang kehidupan malam. Jika ingin memasukinya, mereka diharapkan sudah siap mental dan tahu jalan keluarnya.
Sutradara yang baru saja berulang tahun ke-36 pada 2 April lalu ini sebelumnya pernah menangani berbagai judul film dan sinetron, seperti Sinema Orang–orang Pilihan Produksi Multimedia Film (TPI), “Rahasia Ilahi” Produksi KEP Media (TPI), dan Film Sinema Misteri Produksi Multivision (Indosiar).
Selain itu, FTV Dongeng Produksi MD Entertaiment (TV), Striping Serial Cinta Mutiara Produksi MD Entertaiment (SCTV), Serial Ajaib Produksi Multivision Plus (TPI), FTV Sinema Romantis Produksi Multivision (RCTI), dan Film Arwah Penebar Maut Produksi KENT Film.

Lady Gaga Menggunakan Kostum Rancangan Desainer Muda Indonesia

Nama Tex Saverio tiba-tiba menjadi perbincangan ramai di dunia maya. Salah satu koleksi gaun musim semi 2011-nya yang pernah ditampilkan di Jakarta Fashion Week, La Glacon, mendadak muncul di Harper’s Bazaar AS. Lebih hebat lagi, sosok yang mengenakan La Glacon adalah penyanyi top dunia, Lady GaGa. Tak pelak lagi, pujian dialamatkan kepada desainer muda kelahiran 1984 itu. Siapa sebenarnya Tex Saverio?
Ia disebut sebagai Alexander McQueen-nya Indonesia. “Tak bisa tidak, kami memikirkan McQueen ketika melihat gaun ini (La Glacon),” kata selebritis blogger Perez Hilton di blog modenya, cocoperez.com. Saverio sendiri tertawa melihat dirinya dibandingkan dengan perancang terkemuka dunia itu. “Itu terlalu berlebihan. Saya tidak ada apa-apanya dibanding dia. Satu hal yang pasti, itu akan menjadi motivasi saya,” katanya di blog pribadinya, blog.texsaverio.com.
Namun siapa sangka, pemuda 26 tahun yang akrab disapa Rio itu ternyata tidak menamatkan bangku sekolahnya. Ia memilih keluar dari sekolah, agar bisa lebih cepat memulai karirnya di dunia mode. Rio memenangkan penghargaan pertamanya, Mercedes-Benz Asia Fashion Award, ketika ia baru berumur 21 tahun. Kini, lima tahun kemudian, La Glacon menjadi buah bibir di dunia mode internasional.
Tidak hanya La Glacon yang menarik minat internasional. Koleksi gaun Rio lainnya, My Courtesan, juga tak kalah dahsyatnya. My Courtesan dan La Glacon benar-benar menyedot perhatian pengunjung Jakarta Fashion Week beberapa waktu lalu. Menurut Rio, ia dapat menciptakan gaun fenomenal semacam itu karena selalu berpikir bahwa tiap rancangan memiliki jiwa tersendiri. “Ini adalah tentang jiwa. Saya ingin setiap karya saya memiliki jiwa. Itu akan membuat banyak perbedaan,” terang Rio.
Rio sudah bercita-cita menjadi perancang sejak ia duduk di bangku SMA. Rio menceritakan, ia memang hobi menggambar sejak kecil. Ia bahkan menggambar di tengah pelajaran. “Sampai-sampai salah satu guru saya suatu hari berkata pada saya, ‘Jika saya jadi kamu, saya tidak akan pergi ke sekolah ini. Saya akan pergi ke sekolah mode. Kenapa kamu tidak mencari perancang busana saja,’” kenang Rio tentang gurunya itu. Tepat seperti itulah yang dilakukan Rio. Ia keluar dari sekolah dan fokus mempelajari mode.
Uniknya, sebelum La Glacon dikenakan oleh Lady GaGa, Rio sudah memimpikan gaun rancangannya itu dipakai oleh artis yang bersangkutan. Sejak lama, Rio ingin gaunnya dikenakan oleh sejumlah selebritis wanita yang mempunyai karakter kuat. Siapa saja mereka? “ Angelina Jolie , Lady GaGa, Nicole Kidman , Charlize Theron,” sahut Rio. Dan siapakah model yang paling ia inginkan memakai gaunnya di peragaan busana miliknya? “Naomi Campbell,” tandasnya.
Kini Rio sedang sibuk mempersiapkan koleksi gaun berikutnya. Ia mengatakan, sehari setelah menyelesaikan La Glacon, kepalanya sudah kembali dipenuhi oleh ide-ide baru tentang gaun-gaunnya yang akan datang. Tak heran ia menjadi perancang busana. Rio mengaku tidak punya cita-cita lain selain menjadi desainer. “Apapun yang terjadi, sampai mati aku pasti akan mencoba menjadi perancang busana,” pungkasnya.

15 Tips Fashion Pria


Don’t judge the book by its cover. Sepertinya istilah tersebut sudah usang, terutama dalam hal fashion. Orang–orang khususnya pria sering beranggapan, penampilan luar tidak penting, asalkan “dalamnya” atau “kepribadiannya” baik, sempurna. Padahal Lex de Praxis – seorang pakar romance pun berpendapat bahwa penampilan Anda adalah kepribadian Anda.
Dalam hal attraction , wanita ingin menjalin hubungan lebih lanjut dengan pria-pria yang berpenampilan menarik, menciptakan kesan pertama yang memikat. Bahkan relasi bisnis Anda pun akan tidak tertarik bermitra dengan Anda, begitu saja tau Anda tidak berpenampilan menarik.
Berikut kami berikan 15 Tips Fashion dan Cara Berpakaian Pria:
  1. Ukuran Sesuai - Fit is King. Pastikan ukuran pakaian Anda pas dengan lekuk tubuh Anda, karena ini merupakan hal yang paling penting dalam penampilan. Banyak pria mengenakan pakaian yang kebesaran dengan badannya.
  2. Simple – Tentu saja Anda ingin mengenakan fashion yang dapat membuat Anda terlihat menarik dan keren, tetapi jangan berlebihan. Pemilihan warna pakaian jangan lebih dari 3 warna, jangan menggunakan aksesoris lebih dari 3 macam. Jangan pula berpenampilan seperti rock star, kecuali jika Anda memang anak band.
  3. Kasual – Ubah persepsi Anda tentang kasual. Kasual tidak berarti membosankan. Banyak pria selalu mengenakan setelan pamungkasnya, yaitu kaos dan jeans. Tambahkan beberapa aksesoris atau pemanis lain. Anda bisa lihat contohnya pada majalah-majalah pria.
  4. Serasi – Peraturan utama dalam berpakain adalah keserasian antara atasan dan bawahan. Jika Anda menggunakan atasan jacket atau blazer corduroy, gunakan bawahan seperti jeans atau celana kargo.
  5. Jangan Belanja Sendiri – Ajak teman Anda khususnya wanita jika ingin membeli pakaian. Jangan mudah percaya dengan sales/pramuniaga, karena mereka biasanya bekerja untuk mendapatkan komisi.
  6. Sesuaikan dengan Acara – Tentu saja Anda tidak mungkin mengenakan jas dengan dasi pada tempat-tempat hangout. Sesuaikan juga dengan orang lain yang datang pada acara tersebut.
  7. Jangan Remehkan Detail – Hal yang di anggap sepele, biasanya yang paling pertama dilihat oleh orang lain. Perhatikan scarf, dasi atau ikat pinggang Anda.
  8. Gunakan Sepatu Terbaik – Hal pertama yang paling di perhatikan wanita adalah sepatu Anda, terutama kebersihannya. Mungkin mudah untuk menjaga pakaian tetap bersih dan terlihat baru, tetapi kebanyakan pria tidak mempedulikan sepatunya. Tunjukan kepada orang lain bahwa Anda pria berkelas dengan memiliki sepatu terbaik, karena hal ini adalah cara tercepat untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda peduli dengan diri Anda.
  9. Hindari Logo Pada Pakaian – Ketika Anda pergi keluar dengan pakaian berlogo besar, Anda terlihat seperti billboard berjalan.
  10. Abaikan Trend – Anda tidak harus mengenakan pakaian hanya karena saat ini sedang trend. Gunakan pakaian yang nyaman untuk Anda, lalu tambahkan beberapa aksesoris atau pernak-pernik.
  11. Jangan Terpaku Merek – Jika Anda ingin membeli pakaian, tanya pada diri Anda apakah saat ini sedang “in style” atau memang cocok dengan badan Anda. Juga perhatikan tips nomor 9, apakah ada logo besar pada pakaian tersebut.
  12. Fungsi Pakaian Dalam – Pakaian dalam tetap pakaian dalam, di gunakan untuk menyerap keringat, minyak atau kotoran pada tubuh. Pakaian dalam juga berfungsi agar Anda tidak harus selalu mencuci pakaian luar Anda, dan agar tetap baik dan awet. Jangan gunakan v-neck atau crew neck sendiri dengan jeans.
  13. Updgrade Shaving Anda – Kumis dan jenggot yang tidak terurus, dalam hal attractionakan menjadi pembunuh instan lawan jenis Anda.
  14. Perhatikan Model Rambut – Rambut juga merupakan salah satu hal utama yang di perhatikan wanita. Cocokkan bentuk model rambut Anda dengan bentuk kepala Anda. Model rambut yang salah akan menurunkan kualitas penampilan.
  15. Bereksperimen dengan Style – Pelajari hal-hal baru dalam fashion, cara berpakaian, jangan takut mencoba dan membuat kesalahan. Banyak pria yang takut mengekspresikan diri mereka melalui style.
Jadi, jika Anda ingin pergi hangout bersama teman-teman atau menghadiri sebuah acara resmi dan ingin memikat wanita cantik yang akan Anda temui, jangan lupa untuk mengikuti ke-15 tips fashion pria ini.

Penuh Drama, Arsenal-Liverpool Berbagi Angka

Gelandang Arsenal, Samir Nasri (kanan) berusaha melewati adangan bek Liverpool, Jamie Carragher, pada duel Premier League, di Emirates, Minggu (17/4/2011).
 
Arsenal dan Liverpool bermain imbang 1-1 pada duel Premier League di Emirates, Minggu (17/4/2011). Kedua gol itu dicetak dari titik penalti pada masa injury time, yang mencapai 12 menit.

Arsenal unggul lebih dulu berkat eksekusi penalti yang dilakukan Robin van Persie, menyusul pelanggaran Jay Spearing kepada Cesc Fabregas pada menit ke-90+8.

Empat menit kemudian atau empat menit lebih dari waktu injury time yang ditetapkan, Liverpool menyamakan kedudukan berkat eksekusi Dirk Kuyt. Kesempatan itu diberikan menyusul pelanggaran Emmanuel Eboue kepada Lucas.

Arsenal pantas kecewa karena, meski sempat tertekan, mereka mendominasi pertandingan setelah Johan Djourou merebut bola dari Luis Suarez pada menit kesepuluh. Arsenal perlahan merebut kendali permainan dan konsisten mempertahankannya.

Arsenal kemudian mendapatkan dua peluang emas melalui Theo Walcott pada menit ke-13. Namun, Reina yang sudah salah langkah masih mampu menyentuh bola sehingga bola melesat ke sisi luar gawangnya.

Tiga menit setelahnya, Laurent Koscielny menanduk umpan Robin van Persie yang membentur mistar gawang.

Bola kemudian bergulir kepada Walcott, yang menembakkannya kembali. Namun, bola membentur Dirk Kuyt. Dari tayangan ulang terlihat bola mengenai tangan Kuyt. Namun, tak ada penalti untuk tuan rumah dan permainan terus berjalan.

Terus-menerus gagal mencetak gol, Arsenal tak mengendurkan tekanan mereka. Di sisi lain, Liverpool betul-betul kesulitan mengembangkan permainan. Peluit turun minum pun berbunyi dengan angka 0-0 tertera di papan skor.

Permainan babak kedua juga masih didominasi Arsenal. Namun, mereka sering melakukan kesalahan umpan sehingga bola kerap kandas sebelum sempat dieksekusi.

Di sisi lain, setiap kali berhasil merebut bola dari Arsenal, Liverpool berusaha membangun serangan balik. Dalam sejumlah kesempatan, usaha mereka nyaris membuahkan gol.

Pada menit ke-68 dan ke-75, misalnya, Suarez melepaskan tembakan akurat, yang sayangnya mentah di tangan Wojciech Szczesny.

Peluang gol terbaik Arsenal di babak kedua akhirnya datang dari Robin van Persie pada menit ke-85. Dalam posisi berhadapan satu lawan satu dengan Pepe Reina, ia menembakkan bola yang diblok Reina.

Bola kemudian mental kepada Nicklas Bendtner, yang langsung menyepak bola ke arah gawang. Namun, Reina lagi-lagi berhasil menggagalkan usaha tuan rumah.

Setelahnya, Arsenal sempat kecolongan serangan, yang nyaris berujung gol dari Suarez pada menit ke-86. Namun, setelah selamat dari ancaman itu, Arsenal kembali mengendalikan permainan. Namun, hal itu tetap tidak berhasil membobol gawang Liverpool, sampai drama penalti terjadi pada masa injury time.

Selama pertandingan, Arsenal menguasai bola sebanyak 62 persen dan menciptakan lima peluang emas dari 16 usaha. Adapun Liverpool melepaskan lima tembakan akurat dari sepuluh percobaan.

Dengan hasil tersebut, Arsenal berada di tempat kedua dengan 63 poin, atau kalah enam angka dari penguasa sementara, Manchester United. Sementara itu, Liverpool ada di tempat keenam dengan 49 poin, atau kalah empat angka dari Tottenham Hotspur di peringkat kelima.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...