TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 22 Juni 2011

Iklan Termahal Sepanjang Masa

finansial dunia yang sempat mengkhawatirkan berbagai negara ternyata turut mempengaruhi anggaran perusahaan untuk kegiatan promosi dan iklan. Bahkan, bukan tanpa sengaja, jika iklan yang muncul setelah resesi hanya ada satu buah.

Seperti dikutip VIVAnews.com dari laman businessinsider.com pada Selasa, 21 Juni 2011 disebutkan pertemuan perhimpunan perusahaan iklan Amerika Serikat atau Association of National Advertiser pada 2009 menunjukkan hampir 93 persen anggotanya memutuskan memotong biaya kegiatan promosi.

Pooling yang dibuat setahun kemudian juga menunjukkan, lebih dari setengah dari anggota asosiasi perusahaan iklan tersebut kembali memangkas biaya program pemasaran dan promosi.

Sebelum krisis finansial, perusahaan seperti Chanel tidak pernah mempermasalahkan anggaran sebesar US$33 juta untuk sebuah iklan berdurasi dua menit pada 2004. Iklan ini menampilkan aktris Hollywood, Nicole Kidman dan sutradara Baz Lurhrmann.

Berikut adalah iklan-iklan berbiaya tinggi yang pernah dikeluarkan perusahaan:

8. Carlton Draught: US$1,5 juta (Rp13,5 miliar)

Iklan yang dibuat pada 2005 ini bertemakan epik dan lucu pada saat yang bersamaan. Hampir ribuan orang terlibat sebagai aktor dalam pembuatan iklan yang ber-setting pertempuran di antara dua kelompok.

Pada bagian akhir iklan berdurasi 1 menit ini, pesan yang ingin disampaikan adalah, "Ini iklan yang besar dan mahal, daripada iklan sebesar ini lebih baik menjual bir."

7. Ferrari/Shell: US$4,5 juta (Rp40,5 miliar)

Pada perayaan 60 tahun, iklan Ferrari/Shell menunjukkan sebuah mobil balap Ferrari sedang berpacu di sejumlah lokasi terkenal di dunia seperti Colosseum dan Time Square, New York.

Pada akhir iklan yang dibuat pada 2007, mobil balap tersebut berhenti untuk mengisi bahan bakar di sebuah stasiun pengisian bahan bakar milik Shell, untuk kemudian melanjutkan kembali perlombaan mengelilingi dunia.

6. Honda: US$6,2 juta (Rp55,8 miliar)

Iklan ini merupakan bagian promosi dari produk mobil Honda Accord dan dibuat pada 2003. Uniknya, iklan ini sama sekali tidak menggunakan bantuan teknologi komputer. Langkah itu pula yang menyebabkan iklan ini begitu sangat mahal.

Untuk membuat iklan ini dibutuhkan 606 kali pengambilan gambar untuk menjamin iklan sempurna dari awal sampai akhir. Dalam pembuatannya, seluruh bagian dari mobil Honda terlihat diletakkan dalam sebuah lantai dan mendorong satu sama lainnya secara beruntun. Pada ujung, dari tumbukan bagian mobil itu, terlihat sebuah mobil Honda terparkir.

Pada akhir iklan, muncul kalimat "Tidakkah menyenangkan ketika sesuatu berjalan dengan baik?"

5. Pepsi: US$8,1 juta (Rp72,9 miliar)

Iklan berdurasi 90 detik yang pertama kali ditayangkan pada 2002 di acara Superbowl ini, menampilkan aktris Hollywood Britney Spears yang menampilkan sejarah minuman bersoda ini selama lima dekade terakhir.

Britney Spears tampil dengan berganti kostum beberapa kali untuk menyesuaikan dengan kondisi pada tahun tertentu. Di setiap dekade itu, Britney selalu mengucapkan tagline iklan yang dibuat pada 2002 itu dengan kalimat, "Untuk mereka yang berpikir muda."

4. Chrysler: US$12 juta (Rp108 miliar)

Iklan yang tayang pertama kali pada pertandingan Superbowl pada 2011 ini menampilkan Eminem sebagai bintang iklan. Iklan ini mengambil setting lokasi di Detroit yang merupakan pusat pembuatan mobil.

Eminen dalam iklan itu berakting sedang mengendarai kendaraan tersebut dengan backsound lagu Lose Yourself dan berhenti di Teater Fox. Iklan ini ditutup dengan sebuah tagline, "Diimpor dari Detroit."

3. Aviva: US$13,4 juta (Rp120,6 miliar)

Aviva merupakan produk asuransi dari salah satu perusahaan di Inggris. Untuk mempromosikan pergantian nama dari sebelumnya Norwich Union, pada 2008 perusahaan mempromosikan nama barunya tersebut.

Iklan ini banyak menampilkan nama-nama tenar seperti Bruce Willis, Dame Edna, Ringo Starr, Elle Macpherson, dan Alice Cooper. Seperti Aviva, artis-artis yang terlibat dalam iklan ini telah mengubah nama aslinya sebagai bagian dari karier mereka.

2.Guinness: US$16 juta (Rp144 miliar)

Untuk memperingati perayaan ulang tahun perusahaan ke-80, Guinness membiayai pembuatan iklan "Tipping Point" yang menggambarkan kolaborasi penduduk di kota kecil Argentina yang menyusun domino yang akan menjatuhkan buku, kotak cat, kulkas, bahkan tumpukan mobil di sebuah jalan.

Pada bagian akhir iklan yang dibuat pada 2007 ini, tumbukan susunan peralatan itu membentuk sebuah galon Guinness.

1. Chanel: US$33 juta (Rp297 miliar)

Iklan berdurasi dua menit ini disutradarai oleh Baz Lurhrmann dan menampilkan aktris Nicole Kidman yang berperan sebagai artis yang tengah dikejar-kejar oleh paparazzi. Hampir sama seperti film yang dibuat Lurhrmann berjudul Moulin Rouge, Nicole kemudian masuk ke dalam sebuah taksi yang di dalamnya sudah ada penumpang pria yang merupakan penulis muda. Kedua manusia ini akhirnya jatuh cinta.

Dalam iklan yang tayang pertama kali pada 2004 ini, Kidman dikabarkan menerima bayaran sebesar US$3 juta setara dengan Rp18 miliar.

0 comments:

Kaskus Only
:ilovekaskus :iloveindonesia :kiss :maho
:najis :nosara :marah :berduka
:malu: :ngakak :repost: :repost2:
:sup2: :cendolbig :batabig :recsel
:takut :ngacir2: :shakehand2: :bingung
:cekpm :cd :hammer :peluk
:toast :hoax: :cystg :dp
:selamat :thumbup :2thumbup :angel
:matabelo :mewek: :request :babyboy:
:babyboy1: :babymaho :babyboy2: :babygirl
:sorry :kr: :travel :nohope
:kimpoi :ngacir: :ultah :salahkamar
:rate5 :cool :bola

by Pakto
:mewek2: :rate-5 :supermaho :4L4Y
:hoax2: :nyimak :hotrit :sungkem
:cektkp :hope :Pertamax :thxmomod
:laper :siul :2malu: :ngintip
:hny :cendolnya

by misterdarvus
:maintenis: :maintenis2: :soccer :devil
:kr2: :sunny

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...