TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 15 Januari 2012

SM*SH Go International, Mungkin atau Mimpi? Bagaimana Menurutmu?

ANTIS (anti SM*SH) pasti akan menjawab, mimpi kali. Sebaliknya, Smashblast akan mendukung “go international” bukan cuma mimpi kosong personel dan manajemen SM*SH. Tapi mungkinkah?

Beberapa artis Indonesia era 2000 dengan enteng menyebut “go international” kalau ditanya target karirnya oleh wartawan. Ada yang memang serius dan melakukan aksi nyata untuk go international, banyak juga yang sekadar basa-basi.

Daripada repot mikirin jawaban, mending bilang aja go international biar wartawan puas, dan lalu mengutip di artikel yang ditulisnya. Agnes Monica bisa disebut salah satu artis Indonesia yang dengan percaya diri berani bermimpi go international dan mengupayakan dengan serius. Banyak juga artis Indonesia yang sama sekali tak pernah mengaku akan go international, tapi lumayan populer di beberapa negara tetangga.

Kalimat go international ini belakangan juga dilontarkan boyband SM*SH. Seperti ditulis situs ini kemarin, mereka akan mengawali dengan konser di tiga negara ASEAN, Malaysia, Singapura dan Brunei. Di negara ini, seperti band Indonesia populer lainnya, SM*SH punya penggemar lumayan banyak. Setelah Asia bisa ditaklukkan, mereka ingin menembus pasar Amerika. Sampai detik ini Amerika masih menjadi pusat musik dunia. Pemusik dari berbagai penjuru dunia harus ke Amerika lebih dulu kalau ingin menjangkau pasar seluas-luasnya.

Mendengar impian go international SM*SH, Smashblast mendukung penuh antusias. Sementara yang tak suka SM*SH, menertawakan, mencela, dan menganggap igauan di siang bolong semata. Antis menganggap SM*SH tak cukup berkualitas untuk bisa menembus pasar Amerika.

Tapi mungkin nggak sih SM*SH benar-benar bisa go international? Di dunia ini segalanya mungkin terjadi (mengutip nasihat yang sering kita dengar), kalau Tuhan menghendaki. Apa kira-kira syarat yang harus dipenuhi agar keinginan go international SM*SH bukan basa-basi seperti sering kita dengar?

Di awal kelahirannya, banyak yang mengecam SM*SH plagiat, pengekor yang memanfaatkan demam K-Pop yang tengah melanda Indonesia. Sebetulnya tak cuma SM*SH, banyak boyband bahkan band yang lahir dengan memanfaatkan tren yang sedang berlangsung. Tapi seperti yang kita lihat sekarang, SM*SH yang dituding plagiat ternyata juga melahirkan banyak pengekor. Di Indonesia SM*SH justru pelopor kelahiran boy/girlband yang sekarang mewabah.

Rasanya tak ada yang menyangkal popularitas yang kini tengah direngkuh SM*SH. Tabloid dan majalah yang memasang foto mereka di cover laris manis. Acara TV yang menampilkan mereka ratingnya tinggi. Komunitus penggemarnya tersebar di mana-mana, dan dengan bangga mencantumkan nama kota mereka sebagai bagian dari identitas Smashblast.

Selain tudingan plagiat, juga banyak yang meragukan kemampuan SM*SH berolah vokal. Menyanyi dalam grup, apalagi sambil menari dengan gerakan atraktif seperti sering diperagakan boy/girlband, jelas tidak mudah. Bahkan penyanyi dengan kualitas vokal memadai pun belum tentu bisa melakukan. Tapi namanya boyband harus bisa melakukan itu, menyanyi sambil menari dengan vokal tetap terjaga dan gerakan padu. SM*SH harus lebih dulu membungkam keraguan publik dengan menunjukkan bisa menyanyi dan menari dengan sama bagusnya. Kalau urusan teknis ini sudah selesai, giliran tugas manajemen mereka yang harus bekerja keras.

Bagi artis, penyanyi, boy/girlband kelas dunia, peran manajemen sangat vital. Bagaimana mengemas dan sekaligus menjajakan artis bimbingan mereka, membutuhkan ketrampilan pengalaman juga kejelian. Artis sangat berpotensi pun bisa gagal di tangan manajemen yang buruk. Tapi manajemen paling canggih sekali pun akan kesulitan menjual artis yang tidak berpotensi.

Manajeman SM*SH sudah punya modal berhasil menjadikan SM*SH boyband paling populer di negeri ini. Tapi bisakah mereka membawa SM*SH go international? Bagaimana menurut kamu? Apa yang harus dilakukan manajemennya agar SM*SH benar-benar bisa go international?

Sumber

0 comments:

Kaskus Only
:ilovekaskus :iloveindonesia :kiss :maho
:najis :nosara :marah :berduka
:malu: :ngakak :repost: :repost2:
:sup2: :cendolbig :batabig :recsel
:takut :ngacir2: :shakehand2: :bingung
:cekpm :cd :hammer :peluk
:toast :hoax: :cystg :dp
:selamat :thumbup :2thumbup :angel
:matabelo :mewek: :request :babyboy:
:babyboy1: :babymaho :babyboy2: :babygirl
:sorry :kr: :travel :nohope
:kimpoi :ngacir: :ultah :salahkamar
:rate5 :cool :bola

by Pakto
:mewek2: :rate-5 :supermaho :4L4Y
:hoax2: :nyimak :hotrit :sungkem
:cektkp :hope :Pertamax :thxmomod
:laper :siul :2malu: :ngintip
:hny :cendolnya

by misterdarvus
:maintenis: :maintenis2: :soccer :devil
:kr2: :sunny

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...