TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 15 Oktober 2011

Serba-serbi Alergi Makanan & Cara Mengatasinya

http://jasadh.files.wordpress.com/2009/12/eskrim2.jpgALERGI makanan tak hanya mengganggu kenikmatan menyantap makanan, tapi juga kesehatan tubuh Anda. Saatnya pelajari serba-serbi alergi makanan, yuk!

Mengetahui alergi makanan sejak dini dapat membantu Anda terhindar dari gangguan tersebut. Namun sebelum mengetahui lebih lanjut apa yang menyebabkan Anda terserang alergi makanan, ketahui lebih dulu arti dari alergi makanan itu sendiri.

Alergi makanan merupakan respons imun negatif terhadap protein makanan. Alergi makanan atau intoleransi makanan biasanya akan memengaruhi semua orang dan menimbulkan reaksi yang berbeda satu sama lain. Tidak semua alergi makanan atau intoleransi makanan akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu.

“Alergi makanan sering terjadi pada anak di bawah usia empat tahun. Kebanyakan mereka yang mengalami alergi dikarenakan oleh susu, gandum, atau kedelai. Sementara alergi pada ikan dan kerang biasanya berkembang di kemudian hari,” kata ahli gisi Dr Purwa Duggal,seperti dirilis Times of India.

Ya, alasan tepat di balik munculnya alergi pada anak memang perlu Anda ketahui. Apalagi faktor genetik dan lingkungan bisa memengaruhinya. FDA (Food and Drug Administration - lembaga pengawasan obat dan makanan AS) memerkirakan bahwa dua persen dari orang dewasa dan delapan persen dari anak-anak memiliki alergi makanan.

Ahli gizi lainnya, Naini Setalvad berusaha menyoroti makanan yang banyak menimbulkan alergi. Makanan tersebut di antaranya sapi dan susu kambing, serta susu kedelai. Lalu ada pula semua produk susu yang telah diolah seperti, keju, susu kental, es krim, yoghurt juga kerap menyebabkan alergi.

Telur juga sering membuat orang-orang menjadi alergi. Karenanya Anda perlu menghindari makanan yang terbuat dari telur, seperti kue, biskuit, dan sebagainya.

Selain itu ada pula jenis kacang kedelai, yakni susu kedelai dan makanan lain yang mengandung kedelai. Ada pula gandum yang membuat seseorang juga terserang alergi. Anda perlu menghindari makanan yang mengandung gandum.

Beberapa jenis makanan lain yang dapat menimbulkan alergi yakni kacang-kacangan, jagung, dan makanan yang mengandung pengawet seperti tampak pada warna yang mencolok pada makanan tersebut.

Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan kewaspadaan dengan beberapa aktivitas berikut:

- Hindari makanan yang dicurigai dapat membuat kesehatan Anda terganggu. Dalam hal ini, Anda tentu perlu selektif memilih makanan

- Lakukan tes alergi kulit

- Pastikan bahwa setiap pilihan makanan yang Anda makan telah dikonsultasikan ke dokter. Ketika alergi makanan telah ditemukan, pastikan semua daftar makanan tersebut dihilangkan dari makanan yang Anda asup setiap hari

0 comments:

Kaskus Only
:ilovekaskus :iloveindonesia :kiss :maho
:najis :nosara :marah :berduka
:malu: :ngakak :repost: :repost2:
:sup2: :cendolbig :batabig :recsel
:takut :ngacir2: :shakehand2: :bingung
:cekpm :cd :hammer :peluk
:toast :hoax: :cystg :dp
:selamat :thumbup :2thumbup :angel
:matabelo :mewek: :request :babyboy:
:babyboy1: :babymaho :babyboy2: :babygirl
:sorry :kr: :travel :nohope
:kimpoi :ngacir: :ultah :salahkamar
:rate5 :cool :bola

by Pakto
:mewek2: :rate-5 :supermaho :4L4Y
:hoax2: :nyimak :hotrit :sungkem
:cektkp :hope :Pertamax :thxmomod
:laper :siul :2malu: :ngintip
:hny :cendolnya

by misterdarvus
:maintenis: :maintenis2: :soccer :devil
:kr2: :sunny

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...