TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 07 Januari 2012

Raja Kamboja; Raja Paling Kesepian di Dunia



Istana raja yang gemerlap di pusat kota Phnompenh, ibukota Kamboja adalah salah satu lokasi wajib yang kerap dikunjungi para turis asing. Namun di dalam istana justru menetap seorang raja yang mungkin merupakan raja paling kesepian di dunia, yakni Raja Norodom Sihamoni yang kini berusia 58 tahun.

Keluarga kerajaan Kamboja memiliki sejarah sepanjang lebih dari dua ribu tahun, dan kini Sihamoni sangat mungkin akan menjadi raja terakhir di kerajaan ini. Raja Sihamoni yang berkepribadian lembut, pendiam, tidak suka bersosialisasi, dan pernah menjadi seorang penari balet ini, memiliki hobi di bidang seni dan tidak menyukai politik. Namun karena raja pendahulunya, yakni Raja Sihanouk, mendadak melepaskan tahtanya pada 2004 lalu, atas desakan dan tekanan keluarga untuk "meneruskan tahta", Sihamoni pun terpaksa pulang ke negerinya untuk meneruskan tahta kerajaan yang sama sekali tidak diinginkannya.


Sedih, Sepi, Tersisih

Menurut Harian China Daily edisi 11 Juni, selama 7 tahun terkahir ini, Sihamoni jarang tampil di media massa. Banyak rakyat Kamboja mengatakan dirinya "sedih, sepi, dan tersisih". Selain karena kepribadiannya yang memang seperti itu, juga disebabkan kesenjangan PM Hunsen.

Berita menyebutkan bahwa setiap gerak-gerik Sihamoni terus menerus diawasi oleh orang dekat Hunsen, yakni Menteri Urusan Istana, Kong Song Ou.

Dalam beberapa kali kepergian Sihamoni meninggalkan istana (walaupun jarang sekali terjadi), selalu ada staf istana yang mendampinginya, dan media massa pun dilarang untuk meliput. Meski undang-undang memberikan sejumlah wewenang kepada raja, namun Sihamoni tidak diberikan kekuasaan apapun. Anggota Dewan Kongres dari partai oposisi Kazakh Song menyebut Sihamoni sebagai "raja boneka", seluruh kekuasaannya telah dikosongkan.
sumber

0 comments:

Kaskus Only
:ilovekaskus :iloveindonesia :kiss :maho
:najis :nosara :marah :berduka
:malu: :ngakak :repost: :repost2:
:sup2: :cendolbig :batabig :recsel
:takut :ngacir2: :shakehand2: :bingung
:cekpm :cd :hammer :peluk
:toast :hoax: :cystg :dp
:selamat :thumbup :2thumbup :angel
:matabelo :mewek: :request :babyboy:
:babyboy1: :babymaho :babyboy2: :babygirl
:sorry :kr: :travel :nohope
:kimpoi :ngacir: :ultah :salahkamar
:rate5 :cool :bola

by Pakto
:mewek2: :rate-5 :supermaho :4L4Y
:hoax2: :nyimak :hotrit :sungkem
:cektkp :hope :Pertamax :thxmomod
:laper :siul :2malu: :ngintip
:hny :cendolnya

by misterdarvus
:maintenis: :maintenis2: :soccer :devil
:kr2: :sunny

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cpx24.com CPM Program