TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 14 Januari 2012

Makna Keindahan Tatto di Berbagai Negara

Dahulu tatto hanya milik kaum Adam dan identik dengan seorang preman. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini tatto sudah merambah dalam dunia fesyen dan menjadikannya sebuah gaya.

Istilah 'tatto' diambil dari kata 'Tatau' dalam bahasa Tahiti, yang artinya 'menandakan sesuatu'. Rajah atau tatto adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tatto berarti gambar pada bagian tubuh.

Tidak mau ketinggalan dengan Indonesia, tatto juga memiliki arti yang berbeda-beda. Bukan hanya untuk kepuasan pemiliknya atau keindahan karya seni, melainkan lebih dari itu. Seperti apa ?

Indonesia

Di Indonesia, tati sudah menjadi tren dikalangan Orang-orang Mentawai di kepulauan Mentawai, suku Dayak di Kalimantan, dan suku Sumba di NTB.

Bahkan bagi suku Dayak, seseorang yang berhasil 'memenggal kepala' musuhnya, dia akan mendapat tatto di tangannya. Tidak jauh beda dengan suku Mentawai, tatto-nya Tidak dibuat sembarangan.

Sebelum pembuatan tatto dilaksanakan, ada Panen Enegaf alias upacara inisiasi yang dilakukan di Puturkaf Uma (galeri rumah tradisional suku Mentawai). Upacara ini dipimpin oleh Sikerei (dukun). Setelah upacara ini selesai, barulah proses Tatto-nya dilaksanakan.

Cina

Tatto alias Wen Shen atau Rajah mulai merambahi negara Cina sekitar taon 2000 SM. Wen Shen konon artinya 'akupunktur badan'. Sebenernya,bangsa Cina kuno memakai tatto itu digunakan untuk menandakan bahwa seseorang pernah dipenjara.

Sementara di Tiongkok,budaya tatto terdapat pada beberapa etnis minoritasnya, yang telah diwarisi oleh nenek moyang mereka, seperti etnis Drung, Dai, dan Li, namun hanya para wanita yang berasal dari etnis Li dan Drung yang memilik kebiasaan mentatto wajahnya.

Yunani

Dulu Bangsa Yunani kuno, tatto di anggap sebagai tanda pengenal badan intelijen mereka, alias mata-mata perang pada saat itu. Di sini tatto menunjukan pangkat dari si mata-mata tersebut.

Romawi

Orang-orang disini memakai tatto dengan alasan sebagai tanda bahwa seseorang itu berasal dari golongan budak, dan Tatto juga dirajahi ke setiap tubuh para tahanannya. Berbanding terbalik dengan bebeapa negara lainnya.

New Zealand

Di sini, ada salah satu suku yaitu Suku Maori. Kebanyakan dari mereka membuat Tatto berbentuk ukiran-ukiran spiral pada wajah dan pantat. Menurut mereka, ini adalah tanda bagi keturunan yang baik.

Kepulauan Solomon

Berbeda dengan negara - negara lain, di Kepulauan Solomon, tatto ditorehkan di wajah perempuan sebagai ritus dimaksudkan untuk menandai tahapan baru dalam kehidupan mereka.

Indian

Tatto atau melukis tubuh dan mengukir kulit dimaksudkan untuk menambah kecantikan atau menunjukkan status sosial tertentu.

Sumber

source: http://pangkalan-unik.blogspot.com/2012/01/makna-keindahan-tatto-di-berbagai.html#ixzz1jOLvWJmN

0 comments:

Kaskus Only
:ilovekaskus :iloveindonesia :kiss :maho
:najis :nosara :marah :berduka
:malu: :ngakak :repost: :repost2:
:sup2: :cendolbig :batabig :recsel
:takut :ngacir2: :shakehand2: :bingung
:cekpm :cd :hammer :peluk
:toast :hoax: :cystg :dp
:selamat :thumbup :2thumbup :angel
:matabelo :mewek: :request :babyboy:
:babyboy1: :babymaho :babyboy2: :babygirl
:sorry :kr: :travel :nohope
:kimpoi :ngacir: :ultah :salahkamar
:rate5 :cool :bola

by Pakto
:mewek2: :rate-5 :supermaho :4L4Y
:hoax2: :nyimak :hotrit :sungkem
:cektkp :hope :Pertamax :thxmomod
:laper :siul :2malu: :ngintip
:hny :cendolnya

by misterdarvus
:maintenis: :maintenis2: :soccer :devil
:kr2: :sunny

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...