TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 10 Mei 2011

Indonesia Menang di Olimpiade Matematika


Ilustrasi : Corbis.com 
 
Fiqih News,  JAKARTA - Indonesia meraih dua medali perunggu di Senior Balkan Mathematical Olympiad (BMO) ke 28 di Romania yang diikuti oleh 20 negara.

Pendiri Surya Institute Yohanes Surya mengatakan, ini adalah kehadiran pertama kali Tanah Air dalam kejuaraan bertaraf dunia ini.

Negara lawan yang bertanding di kejuaraan ini rata-rata peringkatnya sudah di atas Indonesia dalam ajang tahunan tersebut. “Rumania, Inggris dan Bulgaria ialah negara kuat yang memmiliki tradisi matematika,” jelasnya.

Dengan berbekal pelatihan selama dua minggu di STKIP Surya dan sebagai pengalaman pertama kali mengikuti olimpiade Matematika Internasional tingkat SMA, Peter Tirtowijoyo Young (siswa SMP kelas 3 dari SMP Kristen Petra 1 Surabaya) dan Monica Vanya Santoso Kartika (siswi SMA kelas 2 dari SMA Santa Angela Bandung, Jawa Barat) berhasil meraih medali perunggu di kejuaraan tersebut.

Yohanes menyebutkan, tingkat kesulitan soal tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya dan persaingan sangat ketat karena banyaknya peserta dari negara lain yang akan diterjunkan di ajang IMO Juli 2011 di Belanda. “Tata cara pelaksanaan BMO ini mirip dengan International Mathematics Olympiad, dan BMO 2011 dihadiri juga oleh Advisor Board dari IMO serta para team leader dari negara peserta IMO,” lugasnya.

Jumlah tim yang berangkat berjumlah tiga orang dengan satu tim leader dan dua peserta, tim dipimpin oleh Bapak Anton Wardaya M.Si, merupakan salah satu dosen Matematika di STKIP Surya dengan dua orang peserta. Tim tuan rumah atau Rumania seperti biasanya, berhak menurunkan dua tim dimana satu tim maksimum terdiri dari enam orang. Surya menyatakan, tahun ini BMO diikuti oleh 120 peserta.

0 comments:

Kaskus Only
:ilovekaskus :iloveindonesia :kiss :maho
:najis :nosara :marah :berduka
:malu: :ngakak :repost: :repost2:
:sup2: :cendolbig :batabig :recsel
:takut :ngacir2: :shakehand2: :bingung
:cekpm :cd :hammer :peluk
:toast :hoax: :cystg :dp
:selamat :thumbup :2thumbup :angel
:matabelo :mewek: :request :babyboy:
:babyboy1: :babymaho :babyboy2: :babygirl
:sorry :kr: :travel :nohope
:kimpoi :ngacir: :ultah :salahkamar
:rate5 :cool :bola

by Pakto
:mewek2: :rate-5 :supermaho :4L4Y
:hoax2: :nyimak :hotrit :sungkem
:cektkp :hope :Pertamax :thxmomod
:laper :siul :2malu: :ngintip
:hny :cendolnya

by misterdarvus
:maintenis: :maintenis2: :soccer :devil
:kr2: :sunny

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cpx24.com CPM Program