TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 11 Mei 2011

Liburan Pererat Hubungan Keluarga

Liburan pererat hubungan keluarga. (Foto: Getty Images)
Liburan pererat hubungan keluarga. (Foto: Getty Images) 
 
AKTIVITAS yang padat kerap kali dilakukan orangtua serta anak dengan kegiatan di sekolah. Hal ini membuat anak dan orangtua jarang bersama-sama atau sampai di rumah sudah merasa kelelahan.

“Rutinitas yang padat inilah yang bisa mengurangi waktu berkomunikasi antara orangtua dan anak,” ucap penulis buku yang berjudul Siapa Bilang Ibu Bekerja Tidak Bisa Mendidik Anak dengan Baik, Melly Kiong.

Melly menuturkan, saat komunikasi berkurang, maka kedekatan dalam hal emosi pun berkurang. Jika hal tersebut terjadi, maka orangtua seharusnya tidak tinggal diam, dan saat itulah peran orangtua sangat dibutuhkan.

“Jangan sampai kedekatan keluarga hilang karena rutinitas yang padat,” ucapnya.

Dalam mempererat kebersamaan dalam keluarga, orangtua bisa memilih untuk melakukan hal yang menyenangkan yang anak suka, seperti berlibur.Liburan bersama bisa mempererat hubungan antara anak dan orangtua. Hal senada juga dikatakan psikolog keluarga Universitas Indonesia, Irma Gustiana Andriani M Psi, bahwa dengan berlibur, maka hubungan kedekatan dengan keluarga juga terjalin erat.

“Dalam berdiskusi saat merencanakan liburan dengan keluarga sudah bisa terjadi pendekatan emosi antar-keluarga,” jelasnya.

Liburan bisa dilakukan dengan beragam rutinitas untuk menumbuhkan kebersamaan dengan keluarga. Selain pergi berlibur mendatangi tempat seru, liburan juga bisa diisi dengan bermain gamesbersama anggota keluarga. Liburan pun sebaiknya tidak hanya dilakukan di saat musim libur tiba saja, tetapi juga di akhir pekan misalnya.

“Orangtua bisa mulai memilihnya saat berlibur di akhir pekan, semisal bermain bersama anak di rumah, makan, atau jalan-jalan ke pusat perbelanjaan,” kata psikolog yang berpraktik sebagai psikolog anak dan remaja di Divisi Konseling/Edukasi Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia ini.

Irma berpesan, melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebersamaan dengan anggota keluarga bisa dilakukan secara berkala. Setidaknya dalam satu minggu, ada kegiatan yang bisa dilakukan bersama.

0 comments:

Kaskus Only
:ilovekaskus :iloveindonesia :kiss :maho
:najis :nosara :marah :berduka
:malu: :ngakak :repost: :repost2:
:sup2: :cendolbig :batabig :recsel
:takut :ngacir2: :shakehand2: :bingung
:cekpm :cd :hammer :peluk
:toast :hoax: :cystg :dp
:selamat :thumbup :2thumbup :angel
:matabelo :mewek: :request :babyboy:
:babyboy1: :babymaho :babyboy2: :babygirl
:sorry :kr: :travel :nohope
:kimpoi :ngacir: :ultah :salahkamar
:rate5 :cool :bola

by Pakto
:mewek2: :rate-5 :supermaho :4L4Y
:hoax2: :nyimak :hotrit :sungkem
:cektkp :hope :Pertamax :thxmomod
:laper :siul :2malu: :ngintip
:hny :cendolnya

by misterdarvus
:maintenis: :maintenis2: :soccer :devil
:kr2: :sunny

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cpx24.com CPM Program