TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 10 Mei 2011

Jasa Debt Collector Lebih Efisien 50%


Ilustrasi. Foto: Corbis 
 
JAKARTA - Penggunaan jasa debt collector oleh perbankan dipandang lebih efisien daripada mengerahkan karyawan bank tersebut. Hal ini bisa lebih murah 50 persen daripada menggunakan karyawan bank itu sendiri.

"Efisiensi bagaimana? Kalau perbankan pakai outsource sebagai karyawan kontrak, itu jauh lebih efisien, karena tugas debt collector gitu-gitu saja. Enggak perlu experience khusus. Bisa separuh lebih, 50 persen lebih inefisiensinya," ungkap Wakil Direktur BCA Jahja Setiaadmadja kepada wartawan di Jakarta, Senin (9/5/2011) malam.

Dia menjelaskan, kondisi ini bisa lebih efisien dibandingkan menggunakan karyawan sendiri. Di mana apabila penagihan dilakukan langsung oleh karyawan bank, membutuhkan pengeluaran lebih seperti tunjangan bonus dan lainnya.

"Karena kan debt collector cuma gaji minimum dan bonus kalau mereka berhasil. Kalau karyawan tetap kan ada THR, tunjangan akhir tahun, bonus, gaji, medical coverage. Ini kalau masuk rumah sakit harus di-cover semua, pensiun, Jamsostek, dan lain lain," jelasnya.

Dia menambahkan, kalau BCA sampai sekarang pun masih menggunakan jasa debt collector. Menurut Jahja, yang penting bukan debt collector-nya namun kontrol terhadap kerja debt collector itu sendiri.

"Terus terang gini, memang ada karyawan tetap, ada juga debt collector. Saat ini saya kira penggunaannya tidak dilarang, yang penting adalah kontrol terhadap servis atau pelayanan debt collector itu," tandasnya.

Menurut Jahja, kekerasan yang dilakukan debt collector tersebut pun bisa terjadi kalau tugas penagihan dilakukan oleh karyawan bank itu sendiri.

"Karyawan biasa saja kalau mau melakukan tindakan semena-mena bisa, enggak perlu debt collector. Yang penting kontrolnya sampai di mana. Karena kalau debt collector harus karyawan tetap, itu inefisiensinya akan tinggi," pungkasnya.

0 comments:

Kaskus Only
:ilovekaskus :iloveindonesia :kiss :maho
:najis :nosara :marah :berduka
:malu: :ngakak :repost: :repost2:
:sup2: :cendolbig :batabig :recsel
:takut :ngacir2: :shakehand2: :bingung
:cekpm :cd :hammer :peluk
:toast :hoax: :cystg :dp
:selamat :thumbup :2thumbup :angel
:matabelo :mewek: :request :babyboy:
:babyboy1: :babymaho :babyboy2: :babygirl
:sorry :kr: :travel :nohope
:kimpoi :ngacir: :ultah :salahkamar
:rate5 :cool :bola

by Pakto
:mewek2: :rate-5 :supermaho :4L4Y
:hoax2: :nyimak :hotrit :sungkem
:cektkp :hope :Pertamax :thxmomod
:laper :siul :2malu: :ngintip
:hny :cendolnya

by misterdarvus
:maintenis: :maintenis2: :soccer :devil
:kr2: :sunny

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cpx24.com CPM Program